Gambar UKM Kopma Adakan Pelatihan Manajemen Usaha Guna Tingkatkan Skill Wirausaha

UKM Kopma Adakan Pelatihan Manajemen Usaha Guna Tingkatkan Skill Wirausaha


UIN Alauddin Online - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Koperasi Mahasiswa (Kopma) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar mengadakan pelatihan Manajemen Usaha yang dilakukan secara virtual melalui aplikasi Google Meet, Rabu 24 Juli 2024.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan keterampilan atau skill wirausaha mahasiswa dan mengembangkan kemampuan dalam mengelola usaha.

Nurul Hikmah Aljazirah selaku pemateri menjelaskan, dalam manajemen usaha diperlukan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. 

Lebih lanjut, Ia menekankan pentingnya memiliki mentalitas kewirausahaan yang kuat, hal ini perlu diterapkan pada suatu bisnis agar bisa mencapai target yang diinginkan dari awal.

“Jiwa entrepreneur sangat dipertaruhkan, jangan sampai usaha baru berjalan seminggu, tapi penjualan tidak tercapai langsung pesimis, Itulah titik penting seseorang punya jiwa entrepreneur dalam dirinya,” ucapnya.

Ia pun menuturkan terkait strategi pemasaran dan penjualan dalam kewirausahaan, termasuk pemanfaatan teknologi, sosial media, dan berbagai teknik promosi untuk meningkatkan efektivitas dan jangkauan pasar.

“Minimal usaha kalian itu harus dikenal terlebih dahulu oleh banyak orang dan otomatis akan bertahan lama sehingga bisa bersaing dengan kompetitor lainnya,” tuturnya.

Ketua UKM Kopma, Muhammad Raehan Ramdhani berharap setelah diadakannya pelatihan ini, tujuan yang telah direncanakan bisa tercapai.

"Semoga pelatihan ini dapat meningkatkan keterampilan anggota dalam pengelolaan manejemen terkhusus di bidang usaha,” pungkasnya.

Previous Post 5.612 Maba UIN Makassar Ikut PBAK di Masjid Agung Sultan Alauddin
Next Post Mahasiswa KKN UIN Alauddin Bangun Desa Berbasis Nilai Islami