Gambar Berikut ini Jalur Masuk UIN Alauddin Makassar T.A. 2019/2020

Berikut ini Jalur Masuk UIN Alauddin Makassar T.A. 2019/2020

UIN Online - Tahun akademik 2019/2020, UIN Alauddin Makassar akan menerima mahasiswa baru melalui enam jalur pendaftaran. 
Enam jalur tersebut diantaranya, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Nasional (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Nasional (SBMPTN), Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN), Ujian
Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN), Ujian Masuk Mandiri (UMM), dan Ujian Masuk Khusus (UMK).
Keenam jalur ini memberikan kesempatan bagi siswa-siswi untuk memilih jalur dan prodi yang sesuai dengan kemampuan akademik. 
Untuk jalur SNMPTN, UIN Alauddin Makassar terdaftar untuk 16 jurusan yaitu Ilmu Hukum, Ilmu Ekonomi, Akuntansi, Manajemen, Ilmu Politik, Ilmu Komunikasi, Jurnalistik, Kimia, Matematika, Teknik Arsitektur, Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota, Ilmu Peternakan, Sistem Informasi, Pendidikan Dokter, Kesejahteraan Sosial dan Hubungan Internasional.
Sedang untuk pengisian Pangkalan Data Sekolah Siswa (PDSS) SNMPTN telah ditetapkan pada 04-25 Januari. Setelah itu berlanjut ke tahap pendaftaran pada tanggal 04-14 Februari, dan pengumuman hasil seleksi pada 23 Maret 2019.
Adapun untuk jurusan yang akan diterima melalui jalur SBMPTN, sama halnya dengan SNMPTN. Yang berbeda hanya prosedur pendaftarannya karena harus melalui ujian tertulis. Untuk jadwal pendaftarannya, akan dimulai pada tanggal 10-24 Juni. Setelah itu tes tertulis berbasis komputer dan pengumuman pada 9 Juli 2019.
Ketiga, yaitu SPAN-PTKIN yang menjadi jalur pendaftaran untuk 36 jurusan. Diantaranya Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Manajemen Pendidikan Islam, Pendidikan Guru MI, Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika, Pendidikan Matematika, Bahasa dan Sastra Arab, Sejarah Peradaban Islam, Bahasa dan Sastra Inggris, Ilmu Perpustakaan, Teknik Informatika, Biologi, Fisika, Sosiologi Agama, Ilmu Hadis, Ilmu Al-quran dan Tafsir, Aqidah dan Filsafat Agama, Studi Agama-Agama, Hukum Acara Peradilan dan Kekeluargaan, Hukum Pidana dan Ketatanegaraan, Perbandingan Mazhab dan Hukum, Ilmu Falak, Hukum Ekonomi Syariah, Ekonomi Islam, Perbankan Syariah, Kesehatan Masyarakat, Keperawatan, Farmasi, Bimbingan dan Penyuluhan Islam, Komunikasi dan Penyiaran Islam, Pengembangan Masyarakat Islam, Manajemen Dakwah, dan Manajemen Haji dan Umrah.
Untuk Jalur pendaftaran SPAN-PTKIN itu sendiri, pengisian PDSS dan pendaftaran berlangsung dari 23 Januari-28 Februari, lalu pendaftaran Februari-3 Maret, serta pengumuman pada 1 April dan pendaftaran ulang 6-10 Mei 2019.
Selanjutnya yaitu UM-PTKIN yang juga sama halnya dengan SPAN-PTKIN, karena menjadi jalur masuk untuk 36 jurusan.
Adapun pendaftaran UM-PTKIN akan dimulai pada 02-30 April, setelah itu pelaksanaan ujian tulis pada 28 Mei, dan pengumuman pada 01 Juli 2019. Biaya seleksi ditanggung oleh peserta sebesar Rp. 200.000,00
Selanjutnya UMM, yang menjadi jalur untuk seluruh jurusan yang ada di UIN Alauddin Makassar. Pendaftarannya mulai dibuka 4 Juni-12 Juli, dengan dibebankan biaya sebesar Rp. 250.000,00
Kemudian dilanjutkan tahap seleksi pada tanggal 21 Juli, dan pengumuman pada 31 Juli 2019. Tak hanya sampai disitu, setelah dinyatakan lulus, calon mahasiswa baru harus melakukan pendaftaran ulang pada 5-9 Agustus 2019.
Previous Post Kontingen FEBI UIN Alauddin Makassar Borong Juara di Olimpiade Ekonomi Islam
Next Post UIN Makassar Teken MoU Peningkatan Kualitas Pendidikan dengan Bunda PAUD Sulsel