Gambar KKN UIN Dusun Tabbae Tingkatkan Keagamaan Masyaallah Melalui Edukasi Pengurusan Jenazah

KKN UIN Dusun Tabbae Tingkatkan Keagamaan Masyaallah Melalui Edukasi Pengurusan Jenazah


UIN Alauddin Online- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar Posko 5  Dusun Tabbae, Desa Benteng Tellue, Kecamatan Amalia, Kabupaten Bone sukses menggelar kegiatan "Pelatihan Pengurus Jenazah", pada Jum'at, 30/08/2024.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang tata cara pengurusan jenazah yang sesuai dengan syariat Islam. 

Kegiatan ini dilaksanakan di Masjid Nurul Falah, Dusun Lacokkong setelah dilakukannya Ibadah Jumat bersama. Acara ini dihadiri oleh puluhan warga yang antusias belajar dan mendalami ilmu pengurusan jenazah.

Dalam pelatihan ini turut hadir, Saturdin S Pd I M H, yang merupakan seorang ahli di bidang Pendidikan dan Syariah Islam, didaulat sebagai pemateri. 

Saturdin, memberikan penjelasan mendalam mengenai proses pengurusan jenazah yang meliputi empat tahapan penting, yakni pemandian, pengafanan, penyalatan, dan pemakaman jenazah. 

Setiap tahapan dijelaskan secara detail dengan memerhatikan aspek-aspek yang sesuai dengan tuntunan agama Islam.

Selama kegiatan berlangsung, praktik dilakukan dengan simulasi menggunakan orang asli agar kegiatan lebih mendalam dan realistis, memberikan peserta pengalaman yang mendekati situasi sebenarnya dalam pengurusan jenazah.

Kegiatan dimulai dengan pembukaan yang dipandu oleh kepala KUA Desan Benteng Tellue yaitu Bapak Amirullah S Ag, yang kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Posko 5. 

Dalam sambutannya, Kepala KUA menyampaikan pentingnya pelatihan ini bagi masyarakat, mengingat pengurusan jenazah adalah salah satu kewajiban bagi umat Islam yang harus dilakukan dengan benar.

Kegiatan ini tidak hanya dihadiri oleh warga setempat, tetapi juga oleh beberapa pimpinan desa, termasuk imam-imam dusun dan kepala sekolah dari wilayah Desa Benteng Tellue. 

Pelatihan ini diakhiri dengan doa dan foto bersama antara pemateri, mahasiswa KKN, dan seluruh masyarakat yang mengikuti kegiatan. 

Mahasiswa KKN Posko 5 berharap kegiatan ini dapat terus bermanfaat dan menjadi bekal ilmu yang berharga bagi masyarakat Dusun Tabbae dalam menjalankan kewajiban mereka sebagai umat Islam.

Pelatihan pengurusan jenazah ini adalah salah satu dari program kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN Posko 5 selama mengabdi di Desa Benteng Tellue. Melalui kegiatan-kegiatan seperti ini, diharapkan terjalin hubungan yang lebih erat antara mahasiswa dengan masyarakat, serta adanya peningkatan pengetahuan dan kesadaran dalam melaksanakan ajaran agama secara benar dan bertanggung jawab.

Kordinator Desa sekaligus ketua KKN Posko 5 mengungkapkan rasa terima kasihnya atas pelatihan ini, "Saya sangat bangga melihat semangat dan dedikasi seluruh tim KKN Posko 5 yang berhasil menjalankan program ini dengan sukses, memberikan manfaat nyata bagi masyarakat, harapan saya semoga Ilmu baru yang kita peroleh ini dapat bermanfaat bagi kita semua", Ungkapnya.

Previous Post Prodi BSA Lakukan Pengabdian kepada Masyarakat di Sulbar
Next Post Dosen SPI Jadi Pembicara di Majelis Taklim Gowa