Gambar Prof Siti Rugayah: Banyak Tantangan Dai di Zaman Serba Teknologi

Prof Siti Rugayah: Banyak Tantangan Dai di Zaman Serba Teknologi

UIN Online - Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar mengadakan kuliah umum bersama guru besar Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM), Prof Dr Siti Rugayah Hj Tibek dan Prof Dr Jawiyah Hj Dakir, Rabu (20/7/2011) kemarin.

Dalam kuliah umum tersebut, Prof Siti Rugayah menyampaikan, bahwa ada banyak tantangan yang dihadapi para dai dalam berdakwa di zaman serba teknologi ini.

"Dalam mengahdapi tantangan teknologi yang saat ini sangat berkembang pesat seperti yang saat ini banyaknya hiburan-hiburan yang disajikan tidak islami maka para dai perlu mempersiapkan hiburan-hiburan yang bernuansa Islam," ujar Prof Siti Rugayah.

"Jejaring sosial yang akrab kita gunakan seperti facebook, twitter, ataupun youtube. Kesemuanya ini bisa berdampak positif ataupun negatife dalam perkembangan dakwah baik di Indonesia ataupun di Malaysia, selain itu juga perpecahan antar umat islam dan pemahaman toleransi beragama. Toleransi memang ada dalam islam tapi dalam memahaminya agak salah," terang Prof Siti Rugayah.

Kuliah umum yang dilaksanakan di LT FDK ini diikuti dosen, pegawai, pimpinan fakultas, dan mahasiswa. Kuliah berlangsung seru dengan pembahasa yang disampaikan kedua pemateri dari negeri jiran ini.

"Kuliah umum ini sangat membangun buat pengembangan cakrawala baru bagi dosen-dosen FDK. Mereka mendapat wawasan dari narasumber luar. Juga kita diberi informasi baru seiring meningkatnya perkembangan sainstek. Para dai dituntut memiliki kemampuan beradaptasi dengan kemajuan iptek agar tidak ketinggalan jaman dalam berdakwah," kata Pembantu Dekan II FDK, Abd Rasyid Masri SAg MPd MSi.(*)

Previous Post 5.612 Maba UIN Makassar Ikut PBAK di Masjid Agung Sultan Alauddin
Next Post Mahasiswa KKN UIN Alauddin Bangun Desa Berbasis Nilai Islami