Gambar  Mahasiswa Komunikasi Lakukan Kuliah Praktik di Radio

Mahasiswa Komunikasi Lakukan Kuliah Praktik di Radio

UIN Online  - Mahasiswa program studi (Prodi) jurnalistik dan ilmu komunikasi fakultas dakwah dan komunikasi  adakan kuliah praktek di Radio Smart FM. Kunjungan di Radio Smat FM merupakan bagian dari mata kuliah promosi periklanan yang diikuti 30 orang mahasiswa, Jumat (10/6/2011).

Saat kunjungan di Radio Smart FM, mahasiswa komunikasi diterima oleh Ana, salah seorang staf pada bagian produksi.  Dihadapan mahasiswa, Ana menjelaskan mekanisme penyajian iklan di Radio smart Fm.

Menurut Ana, jika ada iklan yang masuk di Radio Smart FM, ia akan bertemu dengan bagian bisnis kemudian dari bagain bisnis inilah yang menentukan tarif iklan. Iklan yang ditayangkan ke public ini melalui pendekatan program dan bisnis.

“Strategi pemasaran iklan juga dilakukan dengan menjual program-program yang layak  untuk dijual dan melakukan survei dalam menentukan sekmentasinya dan keinginan pendengar, sehingga persentase ke klain tepat sasaran,” terang Ana.

Untuk jenis iklan di radio ada tiga macam yakni iklan monolog, iklan dialog dan iklan adlips. Untuk harga tarif yang paling mahal dalam pemasangan iklan yakni jenis iklan adlips, jenis iklan ini langsung dibacakan oleh penyiarnya, terang Ana.

Kuliah lapang di Smart FM sangat membantu mahasiswa komunikasi karena selain mendapat teori, juga memperoleh pengalaman dan wawasan tentang mekanisme dari penyajian sebuah iklan serta melihat langsung  ruang produksi.

Previous Post Tim LDRH UIN Alauddin Juara 2 Kompetisi Essay Hukum Tingkat Nasional
Next Post Mahasiswa Keperawatan UIN Alauddin Makassar Raih Juara Kategori Video Ter-estetik