Gambar Inaugurasi Angkatan 2023 Pendidikan Biologi UIN Alauddin, Usung Pengabdian di Sinjai Barat

Inaugurasi Angkatan 2023 Pendidikan Biologi UIN Alauddin, Usung Pengabdian di Sinjai Barat

UIN Alauddin Online – Mahasiswa Pendidikan Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Alauddin Makassar menggelar inaugurasi di Desa Sapotoayya, Kelurahan Tassililu, Kecamatan Sinjai Barat, Kabupaten Sinjai.

Kegiatan dengan tema "Peduli Pendidikan dan Kesehatan Melalui Pengabdian (Pekan Akrab)" ini bertujuan untuk mengimplementasikan ilmu yang telah dipelajari di kampus dalam kehidupan bermasyarakat.

Berbagai kegiatan sosial, edukasi, dan lingkungan digelar selama acara berlangsung. Para mahasiswa mengadakan kegiatan belajar mengajar di SD 68 Manipi serta berbagai jenis lomba edukatif, tradisional, dan keagamaan.

Tak hanya itu, mereka juga mengajarkan Baca Tulis Alquran dan melakukan sosialisasi mengenai ecobrick, yakni teknik pembuatan batu bata atau kerajinan dari sampah plastik sebagai solusi pengelolaan sampah.

Selain itu, mahasiswa juga menyediakan layanan cek kesehatan gratis untuk warga setempat, yang disambut baik oleh masyarakat. 

Di SMPN 3 Sinjai, Mahasiwa mengadakan seminar tentang eco-enzyme, mikro praktikum, serta praktik langsung pembuatan ecobrick dan pembuatan taman sekolah. 

Mahasiswa juga membagikan bibit pohon kepada warga sebagai bagian dari upaya pelestarian lingkungan.

Acara puncak menjadi malam ramah tamah yang sekaligus menandai pengukuhan angkatan 2023 Pendidikan Biologi UIN Alauddin Makassar. Sekitar 250 orang hadir dalam acara ini. Diisi dengan berbagai penampilan, mulai dari tarian tradisional, musikalisasi puisi hingga akustik.

Pengukuhan angkatan 2023 dilakukan oleh Ketua Jurusan, diwakilik Sofyan Ramli S Pd M Pd yang memimpin pembacaan ikrar bagi angkatan baru. 

Angkatan 2023 secara resmi diberi nama “CE23BRUM” yang memiliki makna otak, menggambarkan tentang pentingnya bekerja sama dan berkolaborasi untuk mencapai kesuksesan. Otak juga menjadi sumber kreativitas, imajinasi dan inovasi manusia.

"Kegiatan ini mencerminkan sinergi antara mahasiswa, masyarakat, dan lingkungan, serta menguatkan semangat pengabdian dalam membangun generasi yang peduli pendidikan dan kesehatan," ujar Sofyan Ramli.

Previous Post Tim LDRH UIN Alauddin Juara 2 Kompetisi Essay Hukum Tingkat Nasional
Next Post Mahasiswa Keperawatan UIN Alauddin Makassar Raih Juara Kategori Video Ter-estetik