Gambar Sidang Promosi Doktor Rezky Nurhidaya Bahas Kompetensi Pedagogik Guru di Raudhatul Athfal

Sidang Promosi Doktor Rezky Nurhidaya Bahas Kompetensi Pedagogik Guru di Raudhatul Athfal

UIN Alauddin Online - Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar menggelar sidang promosi doktor oleh A Rezky Nurhidayah S S Pd M Pd, di LT Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Jumat 30 Agustus 2024

Promovenda berhasil meraih gelar Doktor (S3) setelah mempertahankan disertasi yang berjudul "Kompetensi Pedagogik Guru dalam Penerapan Sains Teknologi Masyarakat (STM) di Raudhatul Atfhal Kec. Rappocini Kota Makassar"

Dr Nurhidaya mengatakan, hasil penelitian menunjukkan bahwa guru-guru di Raudhatul Athfal Kecamatan Rappocini memiliki kompetensi pedagogik yang baik dalam perencanaan, pelaksanaan, pemanfaatan TIK, dan evaluasi hasil belajar peserta didik. 

"Mereka mampu menciptakan lingkungan pembelajaran yang dinamis dan interaktif, mendukung perkembangan anak secara holistik, serta memastikan proses belajar yang menarik dan relevan," ucapnya. 

Ia menjelaskan, guru-guru merencanaan dan melaksanaan pembelajaran dengan baik dan menciptakan lingkungan belajar yang mendukung perkembangan anak. 

"Di RA Rumah Sekolah Hasirah, guru merencanakan pembelajaran harian (RPPH) dan mingguan (RPPM) secara terstruktur dan sesuai dengan karakteristik peserta didik. Kedua sekolah RA Kec. Rappocini memanfaatkan TIK melalui Penerapan Sains Teknologi Masyarakat yang dapat digunakan melalui wifi, radio, televisi, dan laptop. Evaluasi hasil belajar peserta didik melalui Penerapan Sains Teknologi Masyarakat dapat dilihat dalam penilaian unjuk kerja, catatan anekdot, hasil karya, dan checklist untuk memantau dan mengukur perkembangan holistik peserta didik," jelasnya.

Lebih lanjut, Ia menuturkan implikasi penelitian ini mngembangkan kurikulum pendidikan anak usia dini yang terstruktur dan berbasis Sains Teknologi Masyarakat. 

"Menekankan perlunya peningkatan pelatihan dan pengembangan profesional bagi guru-guru RA agar lebih kompeten dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi," Ia mengakhiri.

Previous Post Tim LDRH UIN Alauddin Juara 2 Kompetisi Essay Hukum Tingkat Nasional
Next Post Mahasiswa Keperawatan UIN Alauddin Makassar Raih Juara Kategori Video Ter-estetik