Gambar 3 Hal yang Langsung Diberi Ganjaran di Dunia

3 Hal yang Langsung Diberi Ganjaran di Dunia

UIN Online - Kesalahan yang diperbuat oleh kaum muslimin tidak semuanya baru dibalas oleh Allah SWT di akhirat. Melainkan ada tiga hal yang ganjarannya langsung dibalas oleh Allah SWT di dunia.

Hal ini disampaikan oleh Prof Dr H Darussalam Syamsuddin MAg saat menjadi khatib shalat Jumat di Masjid Kampus I Univesitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Jumat (12/08/2011) malam.

Prof Darussalam mengungkapkan bahwa perbuatan yang langsung dibalas oleh Allah SWT di dunia ada tiga hal. Ketiga hal tersebut adalah durhaka pada orang tua, berbuat dzalim kepada sesama manusia, serta orang yang tidak tahu berterima kasih atas kebaikan orang terhadap dirinya.

"Ketiga hal tersebut langsung dibalas oleh Allah Swt di dunia, tidak perlu lagi menunggu akhirat," ujarnya.

Prof Darussalam mengingatkan bahwa jika seandainya di antara jamaah shalat jumat ini ada yang durhaka kepada orang tuanya, segeralah minta maaf jika beliau masih hidup, tetapi jika beliau sudah wafat maka ziarahilah kuburnya.

Minta maaf pun dianjurkan kepada orang yang selama hidup sering mendzalimi sesama manusia, selagi masih ada kesempatan yang diberikan oleh Allah SWT. Adapun contoh orang yang tidak mampu berterima kasih yaitu melupakan jasa-jasa guru yang telah mengajarnya, teman yang telah menolongnya, serta berbagai hal lainnya.

Prof Darussalam berpesan kepada seluruh jamaah untuk menghindari ketiga hal ini, "jika seandainya terlanjur melakukan hal itu, mari gunakan momentum bulan Ramadhan untuk bertaubat kepada Allah Swt," ujarnya. (*)

Previous Post Tim LDRH UIN Alauddin Juara 2 Kompetisi Essay Hukum Tingkat Nasional
Next Post Mahasiswa Keperawatan UIN Alauddin Makassar Raih Juara Kategori Video Ter-estetik