Gambar PWK Gelar OPSI di Bone

PWK Gelar OPSI di Bone

UIN Online - Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Program Studi (prodi) Perencanaan Wilayah Kota (PWK) UIN Alauddin bersama dosen PWK mengadakan Orientasi Pengenalan Profesi (Opsi) di Gedung Fakultas Sains dan Teknologi UIN, kampus II Samata Gowa, Kamis (25/11/2010).

Kegiatan yang diikuti oleh 76 mahasiswa baru prodi PWK ini, dibagi menjadi dua kegiatan yaitu kegiatan orientasi melalui teori di kampus dan melakukan survey langsung dilapangan.

"Kegiatan Opsi ini sengaja kami gelar untuk memperkenalkan ilmu PWK kepada semua mahasiswa baru. Baik melalui teori maupun survey lapangan," kata ketua prodi PWK Jamaluddin Jahid MSi.

"Sebelum melakukan survey di lapangan dilakukan orientasi dengan materi manajemen survey, hakikat dan paradigma ilmu PWK. Orientasi ini menghadirkan tiga pemateri yakni konsultan senior di Makassar Ir Batara Surya, peraih juara seyembara kota Makassar menuju kota dunia Arief Hidayat ST, dan ketua Ikatan Alumni (IKA) prodi PWK Firdaus ST," jelas Jamaluddin.

Lokasi survey lapangan mengambil tempat di Kecamatan Tanete Riattang Timur, Kabupaten Bone. Saat survey lapangan, mahasiswa akan mengambil data primer dan data sekunder, lalu melakukan komplikasi data, menggambar peta hasil survey lapangan, dan selanjutnya melakukan persentasi hasil survey.

"Saya berharap dari kegiatan ini mahasiswa betul-betul memahami jurusan yang mereka pilih dan tidak kehilangan orientasi. Sebab, selama ini mahasiswa baru dalam memilih jurusan dipengaruhi beberapa variabel. Ada yang mengenal PWK, ada yang mengikuti saran orang tua, dan tidak sedikit juga yang hanya ikut-ikuttan," tambahnya.

Jamaluddin menegaskan bahwa kegiatan Opsi yang dilaksankan hingga 28 November. Semua
kegiatan, imbuhnya, murni pengembangan ilmu dan bukan kegiatan ekstrakulikuler. Hasil
dan karya mahasiswa dalam bentuk laporan akhir akan diserahkan kepada pemerintah setempat. "Selain itu survey mahasiswa akan dilanjutkan di kampus sebagai tugas besar pada mata kuliah pengenalan ilmu PWK," urainya.

Survey langsung ke lapangan ini juga dihadiri oleh ketua Ikatan Ahli Perencanaan (IAP) wilayah Sulawesi Selatan H Satriaya Madjid MSP serta wakil sekertaris IAP wilayah Sulsel Muh Amin. (*)
Previous Post Andi Muhammad Syafar, Dosen UINAM Tekankan Pentingnya Literasi IT Berbasis Medsos di Tengah Gempuran
Next Post Kenalkan Perpustakaan ke Maba, Dr. Andi Ibrahim Tegaskan Gerbang Sukses Akademik Mahasiswa