Gambar Prof Arifuddin: Waspada Jahiliah Modern

Prof Arifuddin: Waspada Jahiliah Modern

UIN Online – Dekan Fakultas Ushuluddin dan Filsafat (FUF) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar Prof Dr Arifuddin Amin menghimbau agar umat Islam sekarang ini mewaspadai adanya proses jahiliah modern.

Hal tersebut diungkapkan Prof Arifuddin pada Dialog Akbar Keislaman yang digelar mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) UIN Alauddin Makassar Angkatan 46, di balai pertemuan masyarakat, Desa Borong Pa’la’la, Patalassang, Gowa, Kamis (21/04/2011).

“ Ada empat tantangan umat Islam sekarang ini untuk menghindari terjadinya proses penjahiliahan modern. Pertama di bidang aqidah seperti pluralisme, hedonism, dan liberalisme. Prolalilas mungkin masih bisa diterima tapi prulalisme tidak bisa kita terima," ujarnya.

Pada dialog kerja sama dengan Badan Kontak Majelis Taklim (Pc-BKMT) Desa Borong Pa’ la’la, Patalassang, Gowa ini, Prof Arif memberi contoh seperti adanya agama bahayi yaitu agama yang menyatukan agama tetapi membolehkan cara beribadah yang berbeda-beda.

“Masalah kedua yang dihadapi ummat Islam adalah sifat kesombongan yang bersifat jahiliah. Seseorang biasanya bersifat sombong karena jabatan, intelektual, dan harta,” tambah Prof Arif.

Lebih lanjut masalah lain yang dihadapi umat Islam, menurut Prof Arif, adalah gaya hidup yang bersifat jahiliah. Seperti gaya berpakaian yang tidak bisa membedakan antara pornografi dan seni, serta masalah tantang hukum.

"Masyarakat Indonesia sekarang ini lebih bangga menganut hukum barat dibanding menegakkan syariat-syariat Islam," tegasnya.

Sementara untuk mengatasi permasalahan-permasalah tersebut, ada beberapa solusi yang ditawarkan Prof Arif yaitu takdib penanaman adab sopan santun, taklim transfer ilmu serta tarbiyah yaitu proses pengembangan diri.

Dialog akbar keislaman tersebut juga dirangkaikan dengan penandatangan MOU kerja sama antara FUF dengan majelis taklim desa Borong Pa’ la’la kecematan Patalassang Kabupaten Gowa serta pembukaan acara MTQ tingkat kecamatan Pattalassang. (*)

Previous Post Tim LDRH UIN Alauddin Juara 2 Kompetisi Essay Hukum Tingkat Nasional
Next Post Mahasiswa Keperawatan UIN Alauddin Makassar Raih Juara Kategori Video Ter-estetik