Gambar Hadiri Simposium Internasional Makassan-Marege 2024, Ketua Produ SPI: Penting dalam Diskusi Lintas B

Hadiri Simposium Internasional Makassan-Marege 2024, Ketua Produ SPI: Penting dalam Diskusi Lintas B

UIN Alauddin Online - Ketua Program Studi (Prodi) Sejarah Peradaban Islam (SPI) Fakultas Adab dan Humaniora (FAH), Chaerul Mundzir M. Lutfi menghadiri Simposium Internasional Makassan-Marege 2024 di Ballroom Theater Menara Pinisi, lantai 2, Universitas Negeri Makassar (UNM).

Chaerul mengatakan kegiatan ini penting sebagai bahan dalam diskusi lintas budaya yang mendalam tentang sejarah maritim dan hubungan internasional di masa lalu.

Ia ditemani dua alumni Prodi SPI yakni, Ahmad Habib Akramullah dan Jusmiati, serta tiga mahasiswamya, Andi Bausat, Muhammad Raehan Ramdhani, dan Abdurrahman beberapa waktu lalu.

Menurutnya, simposium ini tidak hanya membahas aspek sejarah, tetapi juga mengangkat nilai-nilai budaya dan interaksi antarbangsa yang dituangkan melalui seni dan agama, menciptakan pengalaman akademik dan kultural yang menarik bagi para peserta.

"Keterlibatan saya bersama dosen dan mahasiswa UIN Alauddin Makassar menjadi bagian penting dalam diskusi lintas budaya yang mendalam tentang sejarah maritim dan hubungan internasional di masa lalu," katanya.

Diketahui, Simposium Internasional Makassan-Marege 2024 bertujuan untuk menggali kembali sejarah hubungan maritim antara pelaut Makassar dan Suku Aborigin di Australia, yang telah terjalin selama ratusan tahun.

Dalam simposium ini, berbagai perspektif sejarah, seni, budaya, dan agama diperbincangkan untuk merekonstruksi kembali jejak-jejak hubungan harmonis antara Makassar dan Suku Aborigin. Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama antara Fakultas Seni dan Desain UNM, Monash University, serta Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Alauddin Makassar, dengan dukungan penuh dari Tim Global Encounters dan First Nations People, Monash Indigenous Studies Centre.

Previous Post Tim LDRH UIN Alauddin Juara 2 Kompetisi Essay Hukum Tingkat Nasional
Next Post Mahasiswa Keperawatan UIN Alauddin Makassar Raih Juara Kategori Video Ter-estetik