Gambar Mahasiswa Jurnalistik UIN Praktikum Siaran Langsung Televisi

Mahasiswa Jurnalistik UIN Praktikum Siaran Langsung Televisi

UIN Online – Jurusan Jurnalistik Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Alauddin belajar siaran langsung dan reportase televisi di anjungan pantai losari, Makassar, Jumat (27/5/2011) kemarin.

Praktikum yang merupakan mata kuliah siaran radio dan televisi dibina oleh A Muh Fadli. Sementara para mahasiswa jurusan jurnalistik semester enam ini dibimbing langsung dua wartawan televisi nasional.

“Karena mereka belajar siaran radio dan televisi saya berharap dengan praktek mahasiswa tahu bagaimana teknik pengambilan gambar televisi, melaporkan berita siaran langsung dan terlebih lagi disinilah diuji mental mereka,” ujar A Fadli

Sebelum mahasiswa melaporkan beritanya, mereka dipandu oleh wartawan Metro Tv Muh Yunus dan wartawan Trans7 Arthur bagaimana teknis pengambilan gambar berita televisi dan bagaimana mahasiswa melaporkan berita televisi.

Praktikum siaran langsung oleh reporter televisi, bagi mahasiswa Jurnalistik UIN merupakan hal yang baru pertama kalinya dilakukan. Dan justru hal seperti ini yang dibutuhkan mahasiswa jurnalistik sebagai langkah awal sebelum mereka terjun ke media umum.

Hal ini dirasakan oleh salah seorang mahasiswa asal soppeng, Satriani. Ia mengungkapkan bahwa melalui praktikum siaran langsung berita televisi ini, "kami bisa tahu bagaimana menyampaikan informasi penting dalam satu menit." (*)

Previous Post Tim LDRH UIN Alauddin Juara 2 Kompetisi Essay Hukum Tingkat Nasional
Next Post Mahasiswa Keperawatan UIN Alauddin Makassar Raih Juara Kategori Video Ter-estetik