Gambar Kerja Sama dengan Fakultas Dakwah, PANDI Edukasi Mahasiswa melalui Talkshow

Kerja Sama dengan Fakultas Dakwah, PANDI Edukasi Mahasiswa melalui Talkshow

UIN Alauddin Online - Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) bekerja sama dengan Fakultas Dakwah Dan Komunikasi (FDK) edukasi mahasiswa tentang literasi digital melalui Talkshow di Aula FEBI, Rabu, 11 September 2024.

Talkshow yang bertajuk “Edukasi Dan Literasi Keamanan Informasi,” ini menghadirkan lima pemateri, yaitu Wakil Direktur Eksekutif PANDI, M. Shidiq Purnama, perwakilan MAFINDO Makassar, Andi Fauziah A, Ketua Kepengwil APJI SULAMPUA, Abdul Malik, Relawan TIK Palopo, Amal Hasan, dan Ketua APTKOM Sulawesi Selatan, Jufri.

Pemateri, Andi Fauziah dalam penjelasannya menuturkan agar pemerintah lebih kritis lagi dalam pemberdayaan sistem keamanan informasi yang sekarang ini marak terjadi hacker.

“Mungkin bisa lebih kritis lagi untuk memperdaya sistemnya,” katanya.

Di sisi lain, Amal Hasan mengatakan bahwa pemerintah dan institusi pendidikan menjadi wadah dalam mengedukasi mahasiswa terkait pentingnya melek literasi digital.

“Seharusnya pemerintah dan institusi pendidikan itu menjadi yang utama, dan menjadi contoh, perwakilan dalam penyelenggaraan sistem informasi yang aman, khususnya bagi mahasiswa,” ungkapnya.

Sementara itu, sebagai penyelenggara, M. Sidiq Purnama berharap dapat berkolaborasi dengan pihak-pihak yang hadir baik dari peserta maupun narasumber yang diundang, agar kedepannya bisa sering mengadakan kegiatan seperti ini.

“Karena kami ini tidak bisa menjalankan literasi itu sendirian kami ingin mengajak pihak untuk berkolaborasi baik dari pendidikan atau kampus, dari APJII, Relawan TIK, kemudian dari Infokom,” tandasnya.

Lebih lanjut, ia berharap mahasiswa menjadi bagian dari kampanye literasi, karena sebagai generasi mudah harus lebih aktif dalam memahami literasi digital.

Previous Post FDK UIN Alauddin dan Kemenag Sulsel Bahas Kerjasama Pelatihan Sertifikasi Bimbingan Haji
Next Post Prodi BSA Lakukan Pengabdian kepada Masyarakat di Sulbar