Gambar Rektor UIN Alauddin Makassar Ingatkan Wisudawan Angkatan 106 Perkuat Literasi Teknologi

Rektor UIN Alauddin Makassar Ingatkan Wisudawan Angkatan 106 Perkuat Literasi Teknologi

UIN Alauddin Online – Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Prof. Hamdan Juhannis, berpesan pentingnya tiga literasi utama yang harus dimiliki oleh setiap alumni.

Ketiga literasi yang dimaksud Guru Besar Sosiologi ini, yaitu literasi data, literasi teknologi, dan literasi manusia. 

Hal itu disampaikan Prof Hamdan Juhannis kepada 768 wisudawan dari delapan fakultas dan satu pascasarjana di Gedung Auditorium, Kampus II UIN - Gowa, Rabu 11 September 2024.

Ia menjelaskan bahwa literasi data akan membantu alumni dalam memprediksi masa depan secara sistematis. 

“Dengan literasi data yang kuat, kalian tidak hanya bermimpi, tetapi bangun dari mimpi dan terus berjalan untuk meraih tujuan kalian,” ujar Prof. Hamdan.

Terkait literasi teknologi, Prof. Hamdan menekankan bahwa era digital menuntut setiap individu untuk memiliki kemampuan teknologi yang mumpuni.

 “Kalian akan tergilas zaman jika tidak memiliki literasi teknologi yang kuat. Apapun profesi kalian, harus ditopang oleh literasi teknologi. Jika tidak, posisi kalian bisa saja digantikan oleh mesin atau robot,” tambahnya.

Selain itu, literasi manusia, yang berkaitan dengan kemampuan berkomunikasi dan bernegosiasi, juga dianggap sangat penting. 

“Kemampuan berkomunikasi dengan orang lain menjadi penentu kesuksesan kalian. Perkuatlah literasi manusia untuk bisa berinteraksi dengan dunia luar,” pesan Prof. Hamdan di akhir sambutannya.

Selain itu, Prof. Hamdan Juhannis mengajak para wisudawan untuk selalu menjaga nama baik universitas serta menjadi duta terbaik UIN Alauddin di dunia luar. 

“Jadilah duta terbaik, ambassador UIN Alauddin Makassar di luar sana. Saya yakin, alumni adalah mitra strategis dalam mengangkat citra universitas,” pungkasnya.

Previous Post Tim LDRH UIN Alauddin Juara 2 Kompetisi Essay Hukum Tingkat Nasional
Next Post Mahasiswa Keperawatan UIN Alauddin Makassar Raih Juara Kategori Video Ter-estetik