Gambar HMJ BSI Gelas Seminar Kesastraan

HMJ BSI Gelas Seminar Kesastraan

UIN Online - Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Bahasa dan Sastra Arab (BSA) mengadakan seminar kesustraan bahasa Arab. Seminar kali ini diadakan di gedung LT Fakultas Adab dan Humaniorah (FAH) UIN Alauddin, Rabu (22/06/2011).

Seperti dijelaskan oleh Ketua HMJ BSI Rijal, Rabu (22/6/2011), Acara bertema Membuka Sastra Langit (tinjauan analitis keistimewaan sastra Arab sebagai sastra Alquran) ini dihadiri 32 peserta.

Seminar sehari ini dibuka oleh pembantu dekan II FAH UIN Alauddin, Prof Dr H M Rusydi Khalik MA. Dalam sambutannya, Prof Rusydi mengatakan bahwa dulu FAH menjadi fakultas yang disegani dan berbobot semoga hal itu bisa kembali hidup dengan fakultas adab.

Menurut Prof Dr H M Rusydi Khalik M A, sastra tidak bisa disamakan dengan Alquran meskipun orang yang berbicara sastra terhimpun dari seni. Alquran digunakan sebagai petunjuk bagi kita dalam menjalani kehidupan.

"Allah menurunkan Alquran tidak bisa ditinjau dari segi sastranya saja tapi sebagai kaidah. Dan tidak hanya dengan melantunkan ayat-ayat al qur'an dengan merdu tapi bagaimana kita bisa mengaplikasikannya dengan sikap dan tingkahlaku kita sehari-hari," ujarnya saat membawakan seminar.

Yang menjadi pembicara dalam seminar sehari ini adalah guru besar fakultas adab dan humaniorah Prof Dr H M Rusydi Khalik M A dan  mahasiswa semester enam syamsuddin. Hal ini diteragkan oleh Ketua HMJ BSI Rijal. (*)

Previous Post Prodi BSA Lakukan Pengabdian kepada Masyarakat di Sulbar
Next Post Dosen SPI Jadi Pembicara di Majelis Taklim Gowa