Gambar Prodi Perbankan Syariah UIN Alauddin Hadapi Standar Internasional dengan Kurikulum OBE

Prodi Perbankan Syariah UIN Alauddin Hadapi Standar Internasional dengan Kurikulum OBE

UIN Alauddin Online – Program Studi (Prodi) Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Alauddin Makassar melakukan peninjauan dan penyusunan kurikulum berbasis Outcome-Based Education (OBE) di Hotel Four Points by Sheraton pada 10 hingga 11 September 2024.

Kurikulum OBE ini dirancang untuk menyempurnakan kurikulum yang telah ada, yaitu yang berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM).

kurikulum baru ini diharapkan mampu memenuhi standar OBE dan internasional, sehingga dapat lebih mempersiapkan lulusan Perbankan Syariah untuk bersaing di tingkat global.

Sekretaris Perbankan Syariah, Dr Supriadi S E I M E I dalam sambutannya menyatakan pentingnya langkah penyempurnaan kurikulum ini.

"Peninjauan dan penyusunan kurikulum saat ini yang berbasis OBE sebetulnya sudah pernah dilaksanakan di tahun 2021, namun karena kebutuhan dan penyempurnaan terus dilakukan serta mengikuti perkembangan, tentu Perbankan Syariah harus terus up to date," katanya.

"Untuk itu, Perbankan Syariah melaksanakan penyusunan dan peninjauan kembali di tahun 2024 agar persiapan pelaksanaan penerapan di tahun 2025 sudah siap," imbuh Dr Supriadi.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Wakil Dekan I FEBI, Dr Rahman Ambo Masse Lc M Ag, Ketua Perbankan Syariah, Dr Ismawati SE M Si serta dosen dan pemangku kepentingan lainnya. 

Mereka menyambut baik upaya pengembangan kurikulum ini, mengingat tuntutan terhadap kualitas lulusan yang mampu bersaing di pasar kerja internasional semakin meningkat.

"Kami sangat mendukung proses peninjauan dan penyusunan kurikulum berbasis OBE ini. Pendidikan berbasis OBE akan memberikan fokus pada capaian pembelajaran, sehingga lulusan mampu memiliki kompetensi sesuai kebutuhan industri dan perkembangan zaman," papar Dr Rahman Ambo Masse.

Previous Post FDK UIN Alauddin dan Kemenag Sulsel Bahas Kerjasama Pelatihan Sertifikasi Bimbingan Haji
Next Post Prodi BSA Lakukan Pengabdian kepada Masyarakat di Sulbar