Gambar Arsitektur UIN Pelajari Aplikasi Solar Energi di Jeneponto

Arsitektur UIN Pelajari Aplikasi Solar Energi di Jeneponto

UIN Online - Jurusan Arsitektur Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, mengadakan kuliah studi lapangan di Pulau Harapan, Kabupaten Jeneponto, Minggu (28/11/2010). Kuliah lapangan ini mempelajari aplikasi solar energi atau energi matahari.

Menurut dosen koordinator, Irma Rahayu MT, kuliah lapangan ini dilaksanakan oleh mahasiswa dengan memperbandingkan teori perkuliahan di kelas dengan penerapan teknologinya di masyarakat. Irma menambahkan penerapan energi matahari sebagai bagian dari arsitektur berkelanjutan merupakan sebuah solusi dalam menjawab krisis energi yang telah menjadi isu global.
 
"Kita baru saja mengadakan kuliah studi lapangan di pulau harapan. Kuliah tersebut bertujuan untuk meneliti secara langsung mengenai strategi dan detail teknis aplikasi solar energi atau energi matahari pada permukiman masyarakat nelayan," kata Irma.

Pulau Harapan di Kabupaten Jeneponto merupakan salah satu wilayah di Sulawesi selatan yang menggunakan energi matahari untuk memenuhi kebutuhan listrik rumah tangga secara mandiri. Mereka pun tidak mengenal istilah pemadaman bergilir.

Ketua Jurusan Arsitektur UIN Alauddin Makassar, Fahmyddin MArch menjelaskan, latar belakang diselenggarakannya kuliah tersebut adalah untuk membekali mahasiswa dengan wawasan arsitektur yang berkelanjutan.

"Sehingga ke depan mahasiswa jurusan Jurusan arsitektur kelak dapat dalam menjalankan profesinya dengan banyak mempertimbangkan isu-isu lingkungan yang berkelanjutan. Selain itu, ini bentuk pengembangan visi dan misi Arsitektur UIN Alauddin Makassar yang mengadakan penelitian dan pengabdian masyarakat dengan penekanan pada bidang Arsitektur Hijau yang berkelanjutan," ujarnya. (*)
Previous Post Andi Muhammad Syafar, Dosen UINAM Tekankan Pentingnya Literasi IT Berbasis Medsos di Tengah Gempuran
Next Post Kenalkan Perpustakaan ke Maba, Dr. Andi Ibrahim Tegaskan Gerbang Sukses Akademik Mahasiswa