Gambar Ada Program Karakter Building untuk Mahasiswa

Ada Program Karakter Building untuk Mahasiswa

UIN Online - Jika mantan Rektor UIN Alauddin Makassar periode lalu, Prof Dr Azhar Arsyad mencanangkan program Pencerahan Imani dan Keterampilan Hidup (Pikih) maka rektor baru yang sekarang menjabat, Prof Dr Qadir Gassing HT MS menghadirkan program Karakter Building.

Program ini lebih menekankan pada Pelatihan Pembangunan Karakter Mahasiswa untuk pengembanagan Sumber Daya Manusia (SDM) di Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar.

Menurut Dr Sabri AR selaku Pembantu Dekan I Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) UIN Alauddin, Karakter Buiding ini adalah program unggulan dari rektor baru bagaimana orientasinya mahasiswa bangkit dari fenomena supaya mereka tidak kehilangan orientasi dan menciptakan gerakan mahasiswa yang mudah anarkis ketika hendak menyelelesaikan masalah.

"Karakter building ini bertujuan membangun karakter mahasiswa secara dini melalui sebuah mekanisme pelatihan yang berbasis pada nilai-nilai keislaman dan kebudayaan baik aspek intelektual, emosional, moral, sosial, maupun spiritual," kata Sabri, Senin (25/04/2011).

Salah satu program yang mendasar yang dihadapi duania pendidikan nasional yakni terkikisnya nilai kebudayaan (rasa, karsa, dan cinta) dan amoral keberagamaan (inteleksi, emosi, dan spirit) dalam kesadaran peserta yang berujung pada kiang rapuhnya pertahanan mereka membendung kehidupan hedonis-materialistik-liberal yang pada urutannya mengancam jatuhnya mereka ke dalam lembah demorallitas dan dehumanitas yang pekat.

"Fenomena perkelahian dan bentrok antarmahasiswa serta aksi demonstrasi anarkis yang menyeruak akhir-akhir ini akan berusaha ditekan melalui penekanan Karakter Building ini. Jika mereka telah digabung selama 45 hari mau tidak mau akan ada ikatan emosional di antara mereka yang tumbuh. Juga dalam persoalan demo, demo mungkin bisa dilaksanakan setelah melewati lagkah yang ke-20," tambah Sabri.

Karakter building ini dikelola secara khusus oleh Badan  Pengelola Character Building Center (CBC) atau Pusat Pengembangan Karakter (PPK) UIN. Selain itu, Prof Sabri juga menekankan bahwa Karakter Building ini tidak hanya dilaksanakan buat mahasiswa baru seperti program Pikih melainkan juga untuk mahasiswa yang hendak selesai.

"Karakter building ini juga diperuntukkan bukan hanya untuk mahasiswa baru melainkan juga untuk mahasiswa yang hendak selesai. Namun, bedanya jika maba akan menerima materi basic selama 45 hari sedangkan mahasiswa yang hendak selesai kan menerima materi intermedit yang menyangkut soft skill selama 15 hari," paparnya. (*)
Previous Post Tim LDRH UIN Alauddin Juara 2 Kompetisi Essay Hukum Tingkat Nasional
Next Post Mahasiswa Keperawatan UIN Alauddin Makassar Raih Juara Kategori Video Ter-estetik