Gambar Wali Kota Akan Hadiri Pagelaran Tari SB eSA

Wali Kota Akan Hadiri Pagelaran Tari SB eSA

UIN Online - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Seni Budaya eSA Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar akan mengadakan seminar dan pagelaran tari. Kegiatan tersebut akan berlangsung mulai dari tanggal 28-29 September di gedung Training Centre Kampus I UIN.

Menurut Ketua Umum SB eSA, Muhammad Albar, kegiatan ini merupakan agenda terbesar tahunan yang digelar oleh SB eSA. Dan Pada hari pertama seminar, bakal hadir Wali Kota Makassar Ir H Ilham Arif Sirajuddin MM sebagai keynote speaker.

"Selain pak Wali Kota Makassar, pemateri lain adalah Prof Dr Natsir Mahmud MA sebagai direktur Pasca Sarjana (PPs) UIN, M Alwi Rahman sebagai budayawan dan Ishak Ngeljaratan sebagai tokoh agama," kata Albar, Senin (26/09/2011).

Sedangkan pagelaran Tari di adakan di Lapangan Belakang Gedung Training Center Kampus I UIN Alauddin Makassar tanggal 29 September 2011 pukul 19:00.  Koreografernya adalah  Ridwan Aco Meinarni Asvita.

Kun, menurut Albar diambil dari penggalan ayat Al-Qur'an yakni kun fayakun. Merupakan proses penciptaan. Kun adalah tema besar dalam kegiatan  ini. Kemudian tema kecilnya adalah Tak ingin Hilang di Kampung sendiri. Maksudnya adalah manusia diciptakan oleh Allah pada hakikatnya semuanya akan kembali kepadaNya dengan mealui proses komunikasi yakni taat kepadaNya.

"Kita semua pernah ketemu dengan Tuhan. Pernah perjanji PadaNya. Seperti dalam ayat alastu birabbikum dan kita menjawabnya dengan balaa syahidena. Nah, Melalui hal tersebut SB eSA akan mengembalikan kesadaran kita untuk kembali ke jalannya," papar Albar.

"Kemudian tarian yang akan mereka sajikan berupa tarian kontemporer yang bernuansa budaya dan religius. Di dalam tarian tersebut gambarannya seperti film. Ada proses kelahiran, kehidupan, rutinitas keseharian, dan penawaran pendapat mealui gerakan," tambahnya. (*)

Previous Post Tim LDRH UIN Alauddin Juara 2 Kompetisi Essay Hukum Tingkat Nasional
Next Post Mahasiswa Keperawatan UIN Alauddin Makassar Raih Juara Kategori Video Ter-estetik