Gambar Seminar Internasional FEBI UIN Makassar Kaji Kesejahteraan dan Kemiskinan di Dunia Muslim

Seminar Internasional FEBI UIN Makassar Kaji Kesejahteraan dan Kemiskinan di Dunia Muslim

UIN Alauddin Online - Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Alauddin Makassar melaksanakan seminar Internasional dengan tema Kesejahteraan dan Kemiskinan di Dunia Muslim.

Seminar Internasional yang menghadrikan narasuber dari Universitas Malaysia Kelantan, Prof. Dr. Wan Ahmad Amir Zal itu dilaksankana di Aula FEBI, Senin (13/03/2023). 

Wakil Dekan II Bidang AUPK, Dr Rahwamati Muin M Ag, menyampaikan, seminar Internasional ini akan memberikan wawasan bagi para mahasiswa, dosen, dan para akademisi yang berkecimpung dalam bidang pengentasan kemiskinan di dunia Muslim.

Prof Dr Wan Ahmad Amir Zal mengatakan, kemiskinan manjadi momok bagi semua negara, oleh karena itu perlu ada regulasi-regulasi ataupun kebijakan yang diambil pemerintah dalam menangani kemiskinan ini. 

"Di Malaysia kami punya aplikasi database masyarakat kalangan bawah (kategori miskin), bahkan data mapz mereka tinggal pun kita ada, pendataan seperti ini tentunya akan memudahkan bagi pemerintah dalam pemetaan kebijakan sehingga program-program yang dijalankan bisa tepat sasaran," ujarnya.

Dalam seminar ini juga hadir, Bapak Bayu Taufiq Possumah, Ph.D dari Institut Agama Islam TAZKIA Bogor. Dia menyampaikan Islamic Social Finance merupakaan salah satu solusi dalam pengentasan kemiskinan, dimana peran zakat, infak, sedekah dan wakaf, jika dikelola secara porfesional memiliki peran penting dalam pengembangan ekonomi keummatan.

Selain itu pemateri dari UIN Alauddin Makassar yang dibawahkan oleh Dr. Idris Parakkasi, MM menjelaskan tentang peran Lembaga keuangan syariah dalam membangun kesejahteraan dengan pemanfaatan teknologi digital.

Selanjutnya, Miftah Farild, MM, menyampaikan terkait social entrepreneurship, bagaimana wirausaha dapat menjadi jembatan dalam kegiatan-kegiatan sosial.

Kegiatan seminar Internasional ini dilaksanakan oleh Jurusan Ekonomi Islam dan Manajemen bekerjasama dengan himpunan mahasiswa jurusan ekonomi Islam dan himpunan mahasiswa jurusan manajemen.

Previous Post Jalur UM-PTKIN UIN Alauddin Makassar Telah Dibuka, Ini Cara Daftar
Next Post Tingkatkan Mutu Pelayanan, Pimpinan FSH Gelar Rapat Koordinasi