Gambar Ramadan Adalah Ajang Kompetisi

Ramadan Adalah Ajang Kompetisi

UIN Online - Bulan Ramadan memiliki banyak keunggulan dibanding bulan-bulan lainnya. Allah Swt memberikan banyak hal di bulan Ramadan yang tidak diberikan pada bulan lainnya, seperti bulan penuh berkah, pahala dilipat gandakan, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup.

Hal ini disampaikan oleh Dr H Abd Rauf Amin MA saat menjadi khatib shalat Jumat di Masjid Kampus II Samata Gowa Univesitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Jumat (05/08/2011).

Abd Rauf Amin mengungkapkan bahwa dengan keunggulan bulan Ramadhan tersebut, sebagian ulama menganggapnya sebagai ajang kompetisi, untuk mengumpulkan sebanyak-banyaknya pahala. Pesertanya siapa saja bisa mendaftar akan tetapi tidak semua bisa masuk final.

"Ramadhan adalah ajang kompetisi, semuanya bisa mendaftar sebagai peserta akan tetapi tidak semua peserta bisa lolos ke final, ada yang gugur pada 10 ramadhan pertama atau 20 ramadhan, semuanya dapat dilihat dari berkurangnya jumlah jamaah tarwih masjid-masjid dari malam ke malam," ujarnya.

Beliau menjelaskan bahwa pada awal-awal ramadhan, masjid sangat ramai akan tetapi pada malam-malam terakhir jumlah jamaah berkurang. Hal ini menjadi bukti bahwa tidak semuanya bisa lolos dalam memanfaatkan bulan yang mulia ini.

Dalam menutup khutbahnya, Rauf Amin berbagi tentang 5 hal yang dapat membatalkan puasa. Kelima hal tersebut adalah bohong, gibah, adu domba, sumpah palsu, serta memandang lawan jenis dengan syahwat. (*)

Previous Post Tim LDRH UIN Alauddin Juara 2 Kompetisi Essay Hukum Tingkat Nasional
Next Post Mahasiswa Keperawatan UIN Alauddin Makassar Raih Juara Kategori Video Ter-estetik