Gambar Prodi PBA UIN Alauddin Jalani Asesmen Lapangan Akreditasi dari LAMDIK

Prodi PBA UIN Alauddin Jalani Asesmen Lapangan Akreditasi dari LAMDIK

UIN Alauddin Makassar - Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Alauddin Makassar menjalani serangkaian asesmen lapangan dalam rangka akreditasi prodi dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan (LAMDIK).

Kegiatan ini salah satu tahapan kunci dalam proses Akreditasi Program Studi Pendidikan Bahasa Arab yang berlangsung selama dua hari, mulai dari tanggal 17-18 November 2023.

Proses Asesmen Lapangan ini dipandu oleh dua asesor berpengalaman LAMDIK, Dr. Anin Nurhidayati, M.Pd.I. (Asesor 1), dan Dr. Danial Hilmi, S.Hum., M.Pd. (Asesor 2). 

Peran keduanya dalam mengevaluasi dan memberikan rekomendasi terkait akreditasi program studi PBA di FTK yang terbilang sangat krusial.

Pembukaan assesmen Lapangan yang bertempat di Aula Rapat Senat Fakultas Tarbiyah dan Keguruan dihadiri oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Wakil-Wakil Dekan semua Bidang, Ketua dan Sekretaris Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Dosen/Tenaga Kependidikan, staf administrasi, Lembaga Penjaminan Mutu Universitas, Komite Penjaminan Mutu Fakultas, Gugus Penjaminan Mutu Jurusan, Tim Borang Pendidikan Bahasa Arab, stakeholder, alumni, dan mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Arab, dan pihak-pihak terkait.

Dr. Anin Nurhidayati, M.Pd.I., selaku Asesor 1 mengapresiasi kerja tim borang dalam mempersiapkan laporannya dengan bekerja all-out demi mencapai dan memenuhi target-target yang diinginkan. 

“Asesmen Lapangan merupakan kegiatan yang berfungsi untuk meningkatkan mutu prodi maupun universitas, sehingga memerlukan kerja yang maksimal dan sepenuh hati,” katanya.

“Tim asesor hanya datang mengecek dan memverifikasi lampiran-lampiran kecil dari data laporan yang dikirim,” lanjutnya.

Pada hari pertama Asesmen Lapangan difokuskan pada serangkaian wawancara dengan berbagai unit terkait program studi Pendidikan Bahasa Arab, seperti; Pimpinan Fakultas dan LPM, Mahasiswa, Stakeholder dan alumni, serta dosen dan tenaga kependidikan pada program studi Pendidikan Bahasa Arab.

Previous Post Memperkuat Kerjasama Antar Institusi, BSA FAH dan BSA IAIN Pare-Pare Tandatangani MoA
Next Post FAH UIN Alauddin Makassar dan Nasmedia.id Lakukan Kolaborasi Satu Buku Satu Dosen