UIN Online - Salah satu bentuk pelayanan yang dilakukan di Perguruan Tinggi (PT) adalah pelayanan akademik karena semakinketatnya persaingan antar PT untuk merekrut calon mahasiswa yang semakin selektif mengharuskan PT selaku penyedia jasa pelayanan pendidikan untuk selalu meningkatkan kualitas pelayanannya, atas dasar inilah maka program studi (Prodi) Sosiologi Agama (SA) melakukan penelitian mengenai kepuasan pelayanan akademik.Penelitian ini dilaksanakan oleh Wahyuni S Sos M Si selaku ketua Prodi Sosiologi Agama (SA), Dewi Anggaraeni SSos MSi Sekretaris Prodi SA, Dr Nurman Said MA dosen SA, Nur Annisa dan Agus Salim sebagai perwakilan mahasiswa. Penelitian ini dikerjakan selama lima bulan dan adapun tantangan yang dihadapi dalam melakukan penelitian ini adalah mahasiwa yang menjadi objek penelitian kebanyakan tidak merespon angket yang disebarkan karena para mahasiswa beranggapan bahwa penelitian ini berkaitan dengan pemberian nilai ke mahasiwa, "tantangan kami dalam melakukan penelitian ini banyaknya mahasiswa yang tidak merespon angket yang kami sebar" tutur Wahyuni selaku ketua tim kepada reporter UIN online (24/11) pasca mempersentasekan hasil penelitiannyaJudul penelitian yang diangkat oleh Prodi SA yaitu Faktor-faktor yang mempengaruhiKepuasan mahasiswa terhadap pelayanan Akademik di Prodi Sosiologi Agama fakultas Ushuluddin dan Filsafat dan dipersentasekan di dihadapan tim penguji beserta para peserta seminar hasil penelitian berbasis prodi pada minggu 24/11/13 di Training Center.Adapun saran yang disampaikan dari penelitian ini adalah agar pihak universitas memberikan pelatihan dan pembinaan kepada para pegawai administrasi di jurusan maupun di fakultas.Hasilnya para tim penguji mengatakan bahwa penelitian yang dilakukan oleh Prodi SA dilaksanakan dengan serius serta sesuai dengan aturan penulisan karya tulis ilmiah dan memuaskan, "kami bangga hasil penelitian kami diterima dan memuaskan" ungkap Wahyuni dengan raut wajah bahagia dan perasaan lega.