Gambar Komitmen Profesi Guru Antar Yuspiani Jadi Doktor

Komitmen Profesi Guru Antar Yuspiani Jadi Doktor

UIN Online - Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, kembali menelorkan doktor baru. Doktor itu adalah Dra Hj Yuspiani MPd yang dikukuhkan di Gedung Program Pascasarja UIN Alauddin, Rabu (21/03/2012) malam.
    
Yuspiani dikukuhkan sebagai doktor setelah mempertahankan disertasinya berjudul "Pengaruh Komitmen Profesi terhadap Kompetensi Profesional Guru pada Madrasah Tsanawiyah di Kota Makassar".
    
Hasil penelitiannya menunjukkan komitmen profesi guru pada madrasah tsanawiyah di Makassar dilihat dari segi; mengenali profesi, keterikatan, keteladanan, pengembangan diri, rasa memiliki, serta kesetiaan dan kebanggaan terhadap profesi, pada umumnya berada pada kategori sedang.
    
Kategori sedang artinya guru telah menunjukkan komitmen profesi guru meskipun belum maksimal dikarenakan belum menerapkan sepenuhnya dalam proses pembelajaran.
    
Promotor dalam sidang promosi ini adalah Prof Dr H Bahaking Rama MS. Sedangkan co promotor adalah Dr Susdiyanto Msi dan Dr Muljono Damopolii MAg, sedangkan penguji adalah Prof Dr H Mappanganro MA, Prof Dr H Nasir A Baki MA, Dr H Salehuddin Yasin MAg, Prof Dr H Bahaking Rama MS, Dr Susdiyanto MsS, Dr Muljono Damopolii M Ag.

Istri Kepala Biro Administrasi Umum UIN Alauddin, Drs Wahyuddin Naro MHum ini menambahkan bahwa komitmen profesi guru sangat terkait dengan motivasi, sertifikat, dukungan kepala madrasah, dan pembinaan pengawas.
    
Di samping itu, perlu dilakukan perlombaan dalam rangka membangkitkan semangat kompetensi guru yang mencerminkan kemampuan profesional guru. Juga perlu ditumbuhkan budaya menulis dimana diutamakan pembiasaan dan dijadikan sebagai kebutuhan guru itu sendiri. Serta perlunya ditanamkan budaya meneliti di kalangan guru.
    
Budaya meneliti diharapkan dapat dimanfaatkan untuk kepentingan perbaikan mutu proses pembelajaran guru yang bersangkutan, sehingga guru tidak terjebak dan berkutat pada proses pembelajaran yang sama sekali tidak efektif.
    
Yuspiani melakukan penelitiannya dengan menjadikan semua guru Madrasah Tsanawiyah (MTs) di Kota Makassar sebagai populasi dengan 2 MTs Negeri dan 32 MTs Swasta dan total guru sebanyak 719 orang. (*)

data diri
* Nama Lengkap: Dra Hj Yuspiani MPd
* Tempat Tanggal Lahir: Jakarta, 17 Juli 1971
* Suami: Drs H Wahyuddin Naro MHum

Riwayat Pendidikan:
* SD Negeri Kabupaten Wajo, tahun 1976 - 1982
* SMP Negeri Kabupaten Wajo, tahun 1982 - 1985
* SMA Negeri 1 Kabupaten Gowa, tahun 1985 - 1988
* S1 Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah IAIN Alauddin 1988 - 1992
* S2 Manajemen Pendidikan PPs Universitas Negeri Makassar (UNM), tahun 2002 - 2004
* S3 Program Pasca Sarjana UIN Alauddin Makassar, tahun 2009 - 2012

Pekerjaan :
* Kepala MTsN Model Makassar, tahun 2005 - 2011
* Kepala Seksi Supervisi dan Evaluasi Kanwil Kemenag Prov Sulawesi Selatan, tahun 2011 - sekarang.

Previous Post LP2M UIN Alauddin Makassar Sukses Dukung Program Prioritas Sulsel Melalui Pengabdian Masyarakat
Next Post GenBI Sukses Gelar The Article Writing Competition Batch 2