Gambar Doktor Salmawati Hasilkan Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Bewawasan Qasas Al-Quran

Doktor Salmawati Hasilkan Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Bewawasan Qasas Al-Quran

UIN Alauddin Online - Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar menggelar sidang promosi doktor oleh Salmawati M Pd, di Gedung Profesi Pendidikan Guru (PPG), Senin 23 Agustus 2024.

Promovenda menjadi doktor yang ke 1270 di UIN Alauddin Makassar, setelah mempertahankan disertasi yang berjudul "Pengembangan Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Berwawasan Qasas Al-Quran Berbasis Blended Learning pada MTs Negeri2 Kota Makassar".

Dalam sidang promosinya, Dr Salmawati menyampaikan bahwa, penelitian yang Ia lakukan telah menghasilkan beberapa produk berupa modul pembelajaran bahasa Indonesia berwawasan qasas al-Qur'an berbasis blended learning untuk siswa kelas VII MTs Negeri 2 Kota Makassar, yang telah diuji validasi oleh ahli dan praktisi memenuhi kevalidan, kepraktisan, keefektifan sesuai dengan aspek penilaian. 

"Ada empat aspek yang diuji validasi, yaitu aspek isi / materi, aspek penyajian, kelayakan bahasa, dan kelayakan kegrafikan. Dengan demilian, modul pembelajaran narasi berwawasan gasas Al-Quran kerbasis blended learning layak digunakan sebagai bahan ajar dalam meningkatkan kemampuan peserta didik dakan memahami teks narasi," ucapnya.

Ia menjelaskan, Blended Learning merepresentasikan kentungan yang jelas untuk menciptakan pengalaman belajar yang memberikan pembelajaran yang tepat pada masa yang dan waktu yang tepat pada setiap individu. Blended Learning menjadi batasan yang benar-benar universal dan global dan membawa kelompok pembelajar bersama-sama melintas budaya dan zona waktu yang
berbeda. 

"Pada konteks ini blended learning dapat menjadi salah satu pengembangan paling signifikan pada abad 21, strategi pembelajaran blended learning diakui dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Blended Learning merupakan pendekatan pedagogis yang menggabungkan efektivitas penggunaan teknologi komputer dan sosialisasi di kelas sehingga menciptakan peluang terjadinya pembelajaran aktif," jelasnya.

Dr Salmawati menyimpulkan, prototipe pengembangan modul pembelajaran teks narasi berwawasan gasas al-Quran untuk MTs Negeri 2 Kota Makassar didesain secara sistematis dan terstruktur, melalui tahap yang berkesinambungan, yaitu tahap pendefinisian dan tahap perancangan.

Previous Post AI Gunakan Gedung Perpustaakan UIN Makassar Cetak Uang Palsu Sejak September 2024, Bukan 2010
Next Post Rektor dan Pimpinan Bidang Kemahasiswaan UIN Alauddin Lakukan Rapat Koordinasi dengan LPP-LK