Gambar Jurusan Ilmu Politik Andalkan Integrasi Keilmuan

Jurusan Ilmu Politik Andalkan Integrasi Keilmuan

UIN Online – Politik dewasa ini dianggap oleh sebagian masyarakat sebagai hal yang kurang baik, menurutnya di politik banyak hal-hal yang tidak sesuai dengan etika dan norma yang ada sehingga dikenal istilah politik itu tidak kenal mana lawan dan mana kawan. Tapi pendapat tersebut bisa saja terbantahkan jika orang-orang yang menggeluti bidang politik memiliki bekal ilmu agama yang cukup.

Nah, bagi Anda calon mahasiswa baru yang bercita-cita ingin menjadi calon politikus dan memiliki wawasan agama yang cukup, masuklah di Jurusan Ilmu Politik Fakultas Ushuluddin dan Filsafat (FUF) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar.

“Ilmu politik yang ada di UIN Alauddin mengandalkan integrasi keilmuan, jadi pelajaran tentang politik dipadukan dengan agama,” ujar Ketua Jurusan Ilmu Politik UIN Alauddin Drs Muh Saleh Tajuddin MA ketika ditemui reporter UIN Online, Kamis (09/06/2011).

Untuk menghasilkan politikus yang agamis tersebut, beberapa mata kuliah yang mendukungnya antara lain etika politik, politik Islam, fiqih siyasah, serta juga mempelajari Al-Qur’an dan Hadis yang berkaitan dengan politik.

Ilmu Politik di UIN Alauddin mulai menerima mahasiswa pada tahun 2008 lalu, namun masih menggandeng di Jurusan Aqidah dan Filsafat. Tahun lalu (2010), mulai menjadi jurusan yang berdiri sendiri.

“Jurusan Ilmu Politik di UIN Alauddin termasuk jurusan yang masih baru, namun kami targetkan tahun depan sudah divisitasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT),” ujarnya.

Kurang lebih sekitar 50 mahasiswa diterima di Ilmu Politik setiap tahunnya dengan 6 tenaga dosen tetap yang ahli di bidangnya.

Previous Post HMJ Pendidikan Biologi UIN Alauddin Tunjang Kreativitas Melalui BIOFEST
Next Post Dr Muhajir HM Raih Gelar Doktor dengan Predikat Cumlaude