Gambar Go To Health dengan Sepeda

Go To Health dengan Sepeda

UIN Online - Di saat teknologi kia berkembang dengan pesat, semua orang mulai pada berlomba untuk membeli alat transportasi canggih. Seperti itu kurang lebih yang dipaparkan oleh Rachmat Al-Muarif mahasiswa jurusan Manajemen Fakultas Syariah dan Hukum (HPK) Universitas Islam Negeri (UIN) Makassar, Kamis (05/05/2011).

Jarang ditemukan mahasiwa zaman kini yang peduli terhadap lingkungan dan dampak dari asap kendaraan bermotor sehingga menyebabkan polusi dan penipisan lapisan ozon. Rahmat-lah salah seorang di tengah-tengah komunitas besar yang nyaris tak terlihat itu.

Rahmat hampir tiap harinya mengendarai sepeda ke kampus. Star pada pagi hari di Jalan Mannuruki (Belakang Kampus I UIN Alauddin) Makassar menuju Kampus II UIN Alauddin, Samata, Gowa dengan menempuh jarak yang berkilo-kilo meter jauhnya.

"Saya ke kampus lebih enjoy naik sepeda ketimbang naik motor. Selain karena keren juga pengguna jalan di sekitar kita ikut memperhatikan," katanya.

"Mungkin pada awalnya mungkin hanya satu dua orang yang memakai sepeda ke kampus. Tapi, lama-lama setelah orang menyadarai bahwa naik sepeda itu keren saya yakin mereka juga akan ikut. Apalagi dari hari ke hari saya mulai melihat sudah ada penambahan."

Ditanya factor apa kira-kira yang menghambat sehingga mahasiswa lainnya tidak memakai sepeda, Rachmat mengatakan bahwa boleh jadi itu adalah soal gengsi, juga soal jalanan yang belum terlalu bagus dari Alauddin menuju Samata.

Manfaat dari naik sepeda ini banyak dirasakan oleh Rachmat yakni menghemat biaya, peduli akan bumi dan polusi, juga go to health. Selain itu dia juga menyayangkan bahwa seharusnya hari bumi di mana orang dianjurkan untuk mematikan mesin, menurutnya di situlah seharusnya peran sepada. "Kurangi mi itu polusi sedikit kodong dengan bersepeda," tambahnya.

Selain itu dia mengimpikan kelak akan membentuk club sepeda jika telah melihat pengguna sepeda di UIN makin meningkat. Semakin banyak orang yang naik sepeda sedikitnya semakin banyak orang yang peduli pada bumi dan kesehaan. (*)
 
Previous Post Tim LDRH UIN Alauddin Juara 2 Kompetisi Essay Hukum Tingkat Nasional
Next Post Mahasiswa Keperawatan UIN Alauddin Makassar Raih Juara Kategori Video Ter-estetik