Gambar Bupati Enrekang Berbagi Inspirasi dengan Ratusan Mahasiswa Saintek UIN Alauddin

Bupati Enrekang Berbagi Inspirasi dengan Ratusan Mahasiswa Saintek UIN Alauddin

Bupati Enrekang Muslimin Bando menjadi pembicara pada Kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) Fakultas Sains dan Teknologi (Saintek) 2019 UIN Alauddin.

Kegiatan itu dilaksanakan di Pelataran Gedung Fakultas SAINTEK UIN Alauddin Jl. H. M. Yasin Limpo No. 36 Samata Gowa, Rabu 4 September 2019.

Ketua Panitia Zulkarnaen, ST.,MT., menjelaskan PBAK tahun ini mengangkat tema “Lead To Be Leader”. Kegiatan itu diikuti 733 mahasiswa baru fakultas SAINTEK.

“Bapak Bupati membawakan materi dengan topik Menjadi Mahasiswa Tangguh dan Berkarakter,” jelas Zul, -sapaannya-.

Disela pemaparannya, MB sempat menceritakan kesederhanaan hidupnya. MB kuliah di IKIP jurusan Ekonomi (sekarang UNM, red) dan tinggal menumpang di rumah kerabatnya. Ia juga jualan koran untuk membayar sendiri biaya kuliah.

Meski serba pas-pasan, namun berkat perjuangan orangtuanya, ia dan 16 saudaranya bisa menyelesaikan kuliah. “Dibalik kesuksesan seorang anak ada peran besar orang tua disitu, kalau mau sukses jangan pernah durhaka pada orang tua. Niatkan kuliah untuk tidak bikin repot orangtua,” pesan MB.

Dia meminta Maba dari kampung agar tidak minder dan takut bersaing. Selanjutnya, ia berpesan agar Maba menghindari kegiatan yang tidak bermanfaat. Dan berkomitmen menjaga nama baik UIN lewat kegiatan positif, membiasakan musyawarah dalam menyampaikan masukan untuk kampus .

Lebih lanjut, MB selaku kepala daerah juga menyampaikan upaya Pemkab Enrekang dalam meningkatkan kompetensi masyarakat. Salahsatunya bekerjasama dengan Britania, untuk melatih bahasa Inggris masyarakat yang akan bekerja di luar negeri, maupun yang hendak lanjut kuliah.

Pada kegiatan ini mantan Wakil Walikota Makassar Dr. H. Syamsu Rizal MI, S.Sos. Ia membawakan materi dengan topik Tantangan Mahasiswa di Era Industri Kreatif 4.0.

Rangkaian PBAK berlangsung meriah dan diikuti secara antusias oleh ratusan Maba. (*)

Previous Post Ulfiyah Ningsih Mahasiswi FST Raih Juara II Essay di Unimed
Next Post Gelar Webinar Nasional, HMJ SKI Bahas Narasi Sejarah Kebangsaan