Gambar Besok, UIN Alauddin Luncurkan SIMAK

Besok, UIN Alauddin Luncurkan SIMAK

UIN Online - Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar akan meluncurkan program Sistem Informasi Manajemen Akademik dan Keuangan (SIMAK), Rabu (28/09/2011) besok. Kegiatan ini rencananya digelar di Ruang Rapat Senat Lantai IV Rektorat Kampus II Samata Gowa.
    
Kepala Pusat Informasi dan Komputer UIN Alauddin, Ridwan Kambau ST MKom mengungkapkan bahwa peluncuran tersebut merupakan prosesi penyerahan sistem dari Pusat Komunikasi (Puskom) ke unit-unit terkait.
    
"Unit terkait yang dimaksud adalah bagian akademik dan keuangan dari pihak fakultas maupun universitas. Dan sistem ini bakal online ke semua sistem jaringan," kata Ridwan.

Ridwan memaparkan bahwa dari Sistem Informasi Manajemen Akademik, akan diserahkan empat aplikasi. "Ada empat sistem aplikasi yang bakal diluncurkan pada program tersebut," katanya.
    
Keempat aplikasi yang dimaksud adalah aplikasi pendaftaran online, registrasi mahasiswa baru/lama (cek pembayaran yang tersambung dengan pihak BNI), sistem info akademik, serta portal akademik mahasiswa atau dosen yang memungkinkan mahasiswa untuk  melihat nilai/hasil studinya, jadwal kuliah, bahkan materi-materi perkuliahannya.
    
Sedangkan dari Sistem Informasi Manajemen Keuangan, akan diserahkan aplikasi anggaran/perencanaan, dan aplikasi keuangan yang transparan dan akuntabel. Jika aplikasi ini dimanfaatkan dengan baik, maka sistem keuangan akan lebih cepat dan efektif.

"Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) mewajibkan kita untuk menjalankan sistem ini jika UIN Alauddin ingin disejajarkan dengan perguruan tinggi papan atas," ujarnya. (*)

Previous Post Ketua LP2M UIN Alauddin Makassar Jadi Dewan Hakim di MTQ Nasional ke-30 di Samarinda
Next Post Prodi Perbankan Syariah UIN Alauddin Hadapi Standar Internasional dengan Kurikulum OBE