Gambar Alumni Prodi Biologi UIN Alauddin Raih Beasiswa LPDP di United Kingdom

Alumni Prodi Biologi UIN Alauddin Raih Beasiswa LPDP di United Kingdom

UIN Alauddin Online - Salah satu alumnus Biologi, Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Alauddin Makassar, Rina Ristiana resmi menjadi Awardee Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Batch 2 tahun 2023 untuk tujuan studi luar negeri.

"Beasiswa LPDP ini memiliki dua skema proses seleksi dan penjaringan, ada yang menggunakan Letter of Acceptance (LoA) dan tanpa LoA. Saya sendiri kemarin mengikuti jalur yang tanpa LoA karena saat ini sedang melengkapi berkas untuk apply ke kampus,” ujar Rina.

Rina sendiri memilih 3 kampus dan program studi yang ada di United Kingdom, yaitu University of Birmingham (Microbiology and Infection M.Sc.), University of Leeds (Infection, Immunity and Human Disease) dan University of Nottingham (Microbiology and Immunology).

Rina mengatakan bahwa motivasi terkuatnya untuk mengikuti beasiswa ini adalah karena ia bercita-cita ingin menjadi seorang dosen, sehingga harus melanjutkan studi S2. Namun, anak pertama dari lima bersaudara ini tidak ingin membebankan orang tuanya, sehingga ia harus berusaha mencari beasiswa.

“Sebenarnya mau lanjut S2 itu dari dulu, tapi mau yang mandiri, tidak nambah beban orangtua lagi. Beasiswa LPDP ini saya kira solusinya, pendanaan yang lengkap dan peningkatan skill juga memadai seperti pengayaan bahasa dan persiapan-persiapan lain. Tapi begitulah, harus fight betul dalam seleksinya,” paparnya.

Rina juga berpesan kepada seluruh civitas akademika Program Studi Biologi, khususnya para mahasiswa dan alumni yang ingin melanjutkan studi dengan beasiswa LPDP agar banyak-banyak mencari informasi baik melalui website atau webinar-webinar yang diadakan oleh para awardee.

Selain itu, bagian yang tidak kalah penting adalah calon pendaftar harus memiliki sertifikasi kemampuan bahasa yang sesuai dengan ketentuan yang dipersyaratkan oleh LPDP.

“Untuk persyaratan bahasa, LPDP sendiri memiliki standar yang berbeda-beda untuk setiap jenjang dan tujuan kampusnya. Bagi teman-teman yang ingin lanjut S2 di luar negeri, boleh mempersiapkan skor IELTS minimal 6,5  atau english-test lainnya seperti TOEFL, Duolingo, atau TOEP. Syarat skornya boleh dilihat di website LPDP,” ucap Rina.

Dia berharap kedepannya akan lebih banyak alumni dari program studi biologi yang menjadi awardee LPDP dan bisa melanjutkan studi sesuai bidangnya masing-masing.

Saat ini, perempuan kelahiran Palu, 7 September 2000 dari pasangan Bapak Alm. Masri Andi Paca dan Ibu Nurdiana Tamsir, sementara mempersiapkan diri untuk rencana keberangkatan ke UK tahun depan.

Previous Post Kunjungan UIN Alauddin Makassar ke UM: Perkuat Sinergi Pengembangan Jalur PMB Tambahan
Next Post UIN Alauddin Menuju Gaya Hidup Halal