Gambar UKM Ritma Bekali Kader melalui Seminar Bertajuk SMART

UKM Ritma Bekali Kader melalui Seminar Bertajuk SMART

UIN Alauddin Online - Unit kegiatan Mahasiswa (UKM) Riset, Keilmuan, dan Kemitraan Masyarakat (RITMA) UIN Alauddin Makassar mengadakan seminar untuk bekal kader melakukan penelitian di LT Universitas, Rabu, 24 Juli 2024.

Kegiatan ini mengangkat tema “SMART: Seminar Metodologi dan Aplikasi Riset Terpadu Untuk Pemanfaatan Tanaman Lokal dan Edukasi Sosial,” yang diikuti dari mahasiswa yang terdiri dari 25 orang relawan dan 20 orang dari pengurus UKM Ritma.

Seminar ini bertujuan untuk pengaplikasian penelitian secara langsung serta penanaman mindset penelitian yang baik dan benar.  Kegiatan mengahdirkan dua pemateri, yakni Yessi Kurniati yang membahas materi sains dan kesehatan, serta Yasser Mulia Shadra yang membahas materi sosial dan humaniora.

Ketua Umum UKM RITMA, Tri Gunawan Musa mengatakan materi seminar ini di siapkan untuk acara besar RITMA Goes to Serve, pihaknya terlebih dahulu membekali para volunteer sebelum turun langsung ke lapangan.

“Sebelum acara besar tersebut para volunteer diberi bekal terkait penelitian apa yang nantinya akan dilaksanakan,” ungkanya.

Ia berharap agar kedepannya bisa menghasilkan penelitian yang dapat dipublikasikan secara luas.

“Kami berharap melalui seminar ini kedepannya bisa menghasilkan penelitian yang mampu dipublikasikan,” pintanya.

Sementara itu, Koordinator Departemen Penelitian dan Kemitraan Masyarakat RITMA, Adella Deviana menambahkan bahwa seminar ini rutin dilaksanakan sekali selama satu periode kepengurusan.

“Kegiatan ini dilangsungkan satu kali disetiap periode dan sudah jadi program rutin di UKM Ritma," ucapnya.

Previous Post 5.612 Maba UIN Makassar Ikut PBAK di Masjid Agung Sultan Alauddin
Next Post Mahasiswa KKN UIN Alauddin Bangun Desa Berbasis Nilai Islami