Gambar UKM LDK Al-Jami UIN Alauddin Gelar SPMB Kelas Jurnalistik dan Pelatihan Dai

UKM LDK Al-Jami UIN Alauddin Gelar SPMB Kelas Jurnalistik dan Pelatihan Dai

UIN Alauddin Online - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Al-Jami UIN Alauddin menggelar kelas Jurnalistik dan pelatihan Dai-Daiyyah melalui program Sekolah Pengembangan Minat dan Bakat (SPMB), Minggu (1/8/2021).

Ketua Umum LDK Al-Jami, Rahmatullah Syabir mengatakan, program SPMB memang diadakan sebagai wujud dari kepedulian untuk memberikan wadah kepada kader maupun masyarakat umum, untuk belajar teori maupun praktek terkait kelas yang diikuti.

"SPMB ini diharapkan mampu memupuk semangat teman-teman kader agar kedepan bisa memiliki skill atau bakat di bidang tersebut, apalagi konsen dari LDK tentunya ada pada Kelas Dai Daiyyah, yang mampu mencetak generasi yang handal dalam menyebarkan dakwah di tengah masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, Kegiatan Dai dan Daiyyah yang digelar Zoom Meeting mengusung tema "Etika dan Cara Menghadapi Audiens ketika Berdakwah" dan menghadirkan Dai Muda MNCTV, Mubayyinul Haq S Pd sebagai pemateri.

Dalam penyampaiannya, ia mengatakan, ucapan-ucapan dakwah adalah ucapan terbaik, dimana dakwah adalah mengajak manusia untuk menjalankan tugas dari Tuhan Yang Maha Esa.

"Adab dan etika menyampaikan dakwah harus penuh dengan cinta sebagaimana Telah di contoh Rasulullah yang merupakan Patron penentu kita," terangnya.

Pada kesempatan itu, Ia juga menyampaikan Beberapa adab dakwah Rasulullah SAW. Pertama, berdakwah untuk menarik simpati yang berdasarkan dalil. Kedua, mendekatkan atau memahami psikologi masyarakat dengan memperkaya diri dengan Ilmu.

"Selanjutnya, Bassiru wala tunaffiru, yaitu berdakwah dengan menyampaikan kegembiraan. Kelima, berdakwah dengan kemudahan menyampaikan dengan yassiru wala tu'assiru dan memilih kata-kata yang lemah lembut dan menyampaikan dakwah dengan benar dan tepat sehingga tidak menimbulkan penafsiran yang salah.

"Etika dakwah itu menjadi penentu dakwah kita diterima atau tidak oleh orang lain," papar Korda Komunitas Pendakwah Keren (KPK) Kabupaten Gowa ini menutup pembahasan.

Previous Post HMJ Fisika UIN Alauddin Buka Physics Fair 2021 Tingkat Nasional dan Sulselbar
Next Post Prodi Kessos UIN Alauddin Makassar Segera Rerakreditasi