Gambar UIN Alauddin Tingkatkan Kerjasama dengan Australian Volunteer Program

UIN Alauddin Tingkatkan Kerjasama dengan Australian Volunteer Program

UIN Alauddin Online - Direktur Australian Volunteers International (AVI) Indonesia Jonathan Hunter didampingi Program Officer Australian Volunteer Program (APV) Indonesia Anisa Husni berkunjung ke UIN Alauddin Makassar, diterima langsung oleh Rektor Prof Hamdan Juhannis di ruang rapatnya, lantai 3 Gedung Rektorat UIN Alauddin, Rabu (09/06/2021).

Ketua Internasional Office UIN Alauddin Dr Muhaemin Latif menyampaikan, kunjungan tersebut dalam rangka memperkuat kerjasama antara kedua belah pihak yang telah terjalin sebelumnya.

Muhaemin melanjutkan, AVP telah mengirimkan beberapa volunteernya untuk berbagi dengan sivitas akademika UIN Alauddin. Tugas utama dari volunteer ini adalah memberikan pendampingan kepada dosen dosen dalam bidang riset dan publikasi internasional.

“Jadi, dosen-dosen UIN Alauddin yang sedang mempersiapkan artikelnya untuk dipublikasikan ke jurnal jurnal internasional, akan didampingi oleh volunteer tersebut, baik dalam proses editing maupun aspek akademik writingnya” jelas Muhaemin.

Namun demikian, sambung Muhamein, para volunteer ini juga dapat diundang untuk membawakan kuliah umum terutama terkait riset dan publikasi ilmiah.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor UIN Alauddin Makassar Prof Hamdan Juhannis berharap, program kerjasama antara UIN Alauddin dan Australian Volunteer Program dapat terus berlangsung. Baginya, kehadiran para volunteer dari AVP sangat membantu terutama para dosen dalam melakukan kerja-kerja akademiknya.

“Program seperti ini sangat penting, karena membuka ruang terjadinya pertukaran pengetahuan, pengalaman dan keahlian antara para volunteer dan dosen-dosen kita” ungkapnya.

Prof Hamdan menambahkan, kerjasama UIN Alauddin dan Australian Volunteer perlu dikembangkan lebih jauh ke dalam program-program inovasi bersama yang berpeluang untuk dilakukan.

Sementara itu, Jonathan Hunter mengatakan, pihaknya sangat senang menerima masukan-masukan dari penerima program seperti UIN Alauddin. Ia juga menyampaikan bahwa Autralian Volunteer memiliki program innovation fund yang kedepannya juga dapat dikerjasamakan dengan UIN Alauddin.

Innovation fund dapat membantu dalam bentuk pilot project dan UIN Alauddin dapat menjadi salah satu mitra” kata Jonathan.

Previous Post HMJ PBI UIN Alauddin Akan Gelar English Camp
Next Post UKM LDK Al-Jami UIN Alauddin Gelar SPMB Kelas Jurnalistik dan Pelatihan Dai