Gambar Tahun 2011, 116,5 Juta Sarjana Menyerbu Pasar Kerja

Tahun 2011, 116,5 Juta Sarjana Menyerbu Pasar Kerja

UIN Online - Sesuai data, tahun 2011, ada116,5 juta orang termasuk lulusan sarjana menyerbu pasar kerja. Hal ini dikatakan salah seorang pemateri Seminar Pendidikan Entrepreneur, HM Taufik Al Faraby SMP MPM, di Kampus UIN, Samata, Gowa, Kamis (19/5/2011).

"Menurut data tahun 2011 ini, ada 116,5 juta orang yang menyerbu pasar kerja. Yang jadi pertanyaan kita sekarang, sebagai pemain atau hanya sekadar penonton saja? Bagaimana kita bisa mengantisipasi hal ini tentu perlu beralih pada wirausaha," ujar Al Faraby.

Al Faraby menambahkan, kondisi perekonomian akan semakin membuat tenaga pekerja lebih efisien. Misalnya pada tahun lalu dibutuhkan 100 tenaga karyawan, sementara saat ini teknologi sudah semakin canggih untuk tenaga operasional dan tinggal membutuhkan 20 orang saja.

"Mleihat kondisi sekarang, tentu profesi sebagai wirausaha atau berwiraswasta adalah sesuatu pekerjaan yang luar biasa tentunya," ujarnya pada Seminar Pendidikan Entrepreneur Muslim yang digelar Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Alauddin di di ruangan Lecture Theatre (LT)  FTK UIN.

Menurutnya, wirausaha bisa dilakukan dengan memilih usaha yang singkron dengan bidang kita sendiri. "Seperti FTK yang notabane jadi seorang guru tentu alumni atau mahasiswanya bisa membuka tempat kursus. Dan banyak hal lainnya lagi," beber Al Faraby.

Sementara itu Ketua BEM FTK, Syarif, berpendapat, seminar entrepreneur dilaksanakan agar sarjana atau alumni dari fakultas tarbiyah tidak hanya mampu menjadi tenaga pendidik  saja tapi juga mereka mampu menciptakan lapangan kerja seperti dengan membuka usaha tempat kursus.

"Seminar pendidikan entrepreneur muslim ini diangkat agar mahasiswa tetap  mendalami nila-nilai keislaman, sehingga apapun profesi yang dikerjakan tidak terlepas dari koridor agama," terang Syarif

Tema yang diangkat dalam seminar entrepreneur tentang pendidikan enterprneur solusi bijak mengentaskan sarjana pengangguran. (*)
Previous Post LP2M UIN Alauddin Makassar Sukses Dukung Program Prioritas Sulsel Melalui Pengabdian Masyarakat
Next Post GenBI Sukses Gelar The Article Writing Competition Batch 2