Gambar Sidang Promosi Doktor Suarni, Kaji Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Mind Mapping

Sidang Promosi Doktor Suarni, Kaji Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Mind Mapping

UIN Alauddin Online - Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar menggelar sidang promosi doktor oleh Suarni S Pd I M Pd I, di Gedung Profesi Pendidikan Guru (PPG), Kamis 8 Agustus 2024.

Promovendus menyelesaikan pendidikan S3 nya dengan jangka waktu 2 tahun 7 bulan, dan menjadi Doktor yang ke 1250 di UIN Alauddin Makassar.

Dr Suarni berhasil mempertahankan disertasi dengan judul "Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Telaah Kurikulum PAI Berbasis Mind Mapping di Universitas Muhammadiyah Kendari".

Dalam pemaparannya, Ia mengatakan karakteristik bahan ajar mata kuliah dengan judul "Telaah Kurikulum Pendidikan Agama Islam: Pembelajaran Berbasis Mind Mapping" yang telah dikembangkan di Universitas Muhammadiyah Kendari merupakan manifestasi dari inovasi pengembangan atau strategi dalam pendidikan agama islam. Materi tersebut disusun secara sistematis dalam sepuluh bab, yang dirancang untuk memfasilitasi mahasiswa dalam memahami konsep-konsep esensial serta relasi antara satu konsep dengan konsep lain.

"Integrasi teknik mind mapping pada bahan ajar ini mengedepankan meyode visualisasi informasi yang bertujuan untuk memperjelas pemahaman konsep-konsep kurikulum. Setiap bab disajikan dengan capaian pembelajaran yang diikuti peta konsep, yang memvisualisasikan struktur dan hubungan antar topik, sehingga memberikan landasan yang kuat bagi mahasiswa untuk menganalisis materi," jelasnya.

Perempuan asal Pinrang itu menuturkan, berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan memiliki karakteristik yang menonjolkan visualisasi informasi dan memfasilitasi pemahaman konsep esensial.

"Efektivitas bahan ajar tersebut terbukti melalui peningkatan pemahaman mahasiswa setelah mengunakan metode mind mapping," tuturnya.

Lebih lanjut, Dr Suarni menyampaikan terdapat beberapa implikasi dari penelitiannya, salah satunya implikasi secara pedagogis.

"Implikasi penelitian ini mencakup beberapa hal, salahsatunya ialah secara pedagogis. Bahan ajar yang baik dapat menjadi instrumen pembelajaran yang efektif, menyediakan informasi yang kredibel untuk pemahaman yang mendalam dan konsisten," Ia mengakhiri.

Previous Post Bahas Peran Kelapa Sawit Bagi Indonesia, Antarkan Ketua HMJ Ilmu Falak Raih Juara 2 Lomba Essay
Next Post Kuliah Umum HMJ Ilmu Perpustakaan Dorong Mahasiswa Berperan dalam Memajukan Literasi