Gambar Sidang Promosi Doktor Muhammad Mirwan, Kaji Aktualisasi Dakwah Wasathiyah MUI

Sidang Promosi Doktor Muhammad Mirwan, Kaji Aktualisasi Dakwah Wasathiyah MUI


UIN Alauddin Online - Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar menggelar Sidang Promosi Doktor oleh Muhammad Mirwan S Sos M Sos, di Gedung Profesi Pendidikan Guru (PPG), Selasa 7 Mei 2024.

Promovenda berhasil meraih gelar doktor (S3), setelah mempertahankan disertasi berjudul Aktualisasi Dakwah Wasathiyah Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pada Masyarakat Multikultural Nabire Papua Tengah.

Saat mempresentasikan disertasinya, Pria kelahiran Nabire itu mengatakan, selama ini konsep dakwah yang dilaksanakan oleh MUI Kabupaten Nabire adalah dakwah dengan metode khitabah atau ceramah, sehingga banyak pesan dakwah yang tidak tersampaikan.

Lebih lanjut, Ia menjelaskan perlu adanya aktualisasi dakwah yang dilakukan oleh MUI sehingga metode yang selama ini digunakan bisa diaktualisasikan sesuai dengan kondisi masyarakat, perkembangan pengetahuan serta teknologi saat ini.

"MUI Nabire telah melakukan aktualisasi dakwah dengan menerapkan model konsep perkembangan dakwahnya, dengan melaksanakan dakwah wasathiyah yang selama ini telah digaungkam oleh MUI Pusat. Model ini pun, didukung oleh Kementerian Agama dengan melaksanakan konsep Moderasi Beragama," jelasnya.

Dr Muhammad Mirwan berharap, konsep ini dapat menciptakan kerukunan dan sifat toleransi antar umat beragama, di masyarakat multikultural.

"Peran MUI hadir mentransformasikan nilai-nilai ajaran Islam dengan menerapkan konsep wasathiyah pada semua kehidupan umat baik yang bersifat ibadah maupun sosial kemasyarakatan. Semoga dengan hal tersebut, bisa tercipta Islam sebagai agama rahmatan lil alamin yang bisa direalisasikan kepada masyarakat multikultural di Kota Nabila Papua Tengah," Ia mengakhiri.

Previous Post Mahasiswa Keperawatan 2023 Adakan Baksos Sebagai Aktualisasi Pengabdian Masyarakat
Next Post Aktualisasi Teori, Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Alauddin Lakukan Kunjungan ke Prokopim Kota Makassa