Gambar Rektor Kukuhkan Tiga Guru Besar

Rektor Kukuhkan Tiga Guru Besar

UIN Online - Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Prof Dr H A Qadir Gassing HT MS mengukuhkan tiga guru besarnya. Pengukuhan dilaksanakan di Auditorium Kampus II UIN Alauddin, Samata, Gowa, Kamis (26/5/2011).

Tiga guru besar UIN yang dikukuhkan yang berasal dari tiga fakultas yang berbeda. Masing- masing dari fakultas adab dan humaniora, fakultas dakwah dan komunikasi dan fakultas ushuluddin dan filsafat.

Ketiga guru besar ini mengangkat judul penelitian yang tak jauh berbeda dengan konsep dalam Islam. Seperti Prof Dr H Abustani Ilyas MAg, menyampaikan dalam orasi ilmiahnya yang berjudul Kritik Ilmu Hadist, Study Komparatif Dimensi Praktis Ulama Mutaqaddimin dan Dimensi Teoritis Ulama Mutaakhirin.

"Ulumul hadis yang telah dikaji oleh ulama mutaqaddimin dan muta'khirin, masing-masing memiliki cirri khas baik dari segi metodol ogi, pemahaman, dan pengetahuan ilmiah," ujar Dekan FDK UIN ini saat penyampaikan orasi.

Tak jauh berbeda dengan Prof Abustani, Guru besar bidang hadis di Fakultas Ushuluddin dan Filsafat, Prf Dr Hj Rosmaniah Hamid MAg yang mengangkat judul penelitian Membangun Keluarga Sejuk Diskursus Sakinah dan Prespektif Hadis Nabi.

Lalu Guru Besar Ilmu Bahasa Arab Fakultas Adab dan Humaniora UIN Alauddin, Prof Dr H Rusydi Khalid MA dengan judul penelitian al-musytarak al-lafzhi dalam bahasa arab (kajian ilmu dilalah).

Pengukuhan guru besar ini berlangsung pada rapat senat terbuka luar biasa penerimaan jabatan guru besar tetap UIN Alauddin Makassar yang hadiri oleh para sivitas akademika.(*)
Previous Post LP2M UIN Alauddin Makassar Sukses Dukung Program Prioritas Sulsel Melalui Pengabdian Masyarakat
Next Post GenBI Sukses Gelar The Article Writing Competition Batch 2