Gambar Rata-Rata Pengguna Narkoba Naik 42,4 % Tiap Tahun

Rata-Rata Pengguna Narkoba Naik 42,4 % Tiap Tahun

UIN Online - Saat ini terdapat lebih dari 3,5 juta pecandu narkoba (data 2007) di Indonesia. Sebagian besar di antaranya (43%-67%) mengalami Gangguan Diagnosis Ganda (GDG). Itu adalah data yang sangat luar biasa tinggi.

Demikian kata Sekretaris Unit Reserse Narkoba Polda Sulselbar, Kompol Rosna Tombo ketika membawakan seminar Narkoba yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Peradilan Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) UIN Alauddin Makassar, Rabu (11/05/2011).

“Seseorang dikatakan melakukan penyalahgunaan narkoba jika menimbulkan gangguan atau kerusakan organ tubuh seperti jantung, paru-paru, hati, ginjal, organ reproduksi serta gangguan psikis termasuk perasaan, kepribadian dan perilaku,” jelas Kompol Rosna.

Penyalahgunaan narkoba berkaitan erat dengan tindak kejahatan, seperti kejahatan lalu lintas, kecelakaan kerja, putus sekolah, putus kerja, dan hancurnya masa depan.

Menurut Kompol Rosna seseorang pengguna narkoba bisa diatasi sepanjang seseorang bisa menghadapinya dengan tenang, tidak menghakiminya, bersikap empati, melibatkan orang tuanya serta mewaspadai sikap manipulatifnya.

Menurut data Badan Narkotika Nasional (BNN) pada tahun 2001-2006 terdapat kasus 3.617-17.355. Rata-rata mengalami kenaikan 42,4% per tahunnya. Sedangkan laporan Departemen Kesehatan RI, per Desember 2006 jumlah kasus HIV-AIDS 13.424 dan data pengidap penderita AIDS 61,1% dan HIV 38,9%.

Narkoba, menurut definisi dari World Health Organization (WHO) tahun 1982, merupakan zat kecuali makanan, air, atau oksigen yang jika dimasukkan ke dalam tubuh dapat mengubah fungsi tubuh secara fisik dan atau psikologis.

Kadang-kadang seseorang menggunakan narkoba hanya berawal dari coba-coba, berawal dari pemakaian sosial / rekreasi sehingga meyebabkan penyalahgunaan dan ketergantungan (Adiksi). Penyalahgunaan narkoba kadang dilakukan dengan cara ditelan, suntikan, di rokok, dan disedot dengan hidung. (*)
Previous Post LP2M UIN Alauddin Makassar Sukses Dukung Program Prioritas Sulsel Melalui Pengabdian Masyarakat
Next Post GenBI Sukses Gelar The Article Writing Competition Batch 2