Gambar Ramadan Adalah Bulan Memaafkan

Ramadan Adalah Bulan Memaafkan

UIN Online – Pembantu Rektor IV Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar Prof Dr Phil H Kamaruddin MA tampil membawakan kuliah tujuh menit (Kultum) seusai shalat Ashar di mesjid kampus II UIN Alauddin Makassar, Senin (8/8/2011).

Prof Kamaruddin mengatakan saat ia menjadi muballiq amatiran ia sering ditanya apa tujuan puasa. Menurut Pembantu Rektor bagian kerjasama ini yang mengetahui tujuan dari puasa hanya Allah, kita harus mengerjakan puasa dengan totalitas, ketulusan, keikhlasan dan kekhusyuan.

Meskipun masih banyak yang memberi prospektif tentang tujuan puasa misalnya saja dokter. Dokter mengatakan bahwa puasa baik bagi kesehatan. “Namun kita tidak hanya memaknainya sebatas itu saja, karena hanya Allah yang tahu apa makna dan tujuan puasa,” ujarnya.

Prof kamaruddin juga mengatakan bahwa jadikanlah ramdhan kali ini sebagai momentum saling memaafkan. “Menghilangkan rasa dengki, iri hati, kikir, dan tidak suka semama. Jadikanlah bulan ramdhan sebagai abulan salin memaafkan, masalah ini juga banyak dibahas dalam hadis,” kata PR IV.

Dalam kultum tujuh menit ini Prof Kamaruddin juga mengatakan, janganlah kita berpuasa karena ingin sehat, jangan karena ada tujuan-tujuan tertentu. Tapi puasa adalah perintah Allah yang harus kita laksanakan dengan totalitas. (*)

Previous Post Tim LDRH UIN Alauddin Juara 2 Kompetisi Essay Hukum Tingkat Nasional
Next Post Mahasiswa Keperawatan UIN Alauddin Makassar Raih Juara Kategori Video Ter-estetik