Gambar Prof Hj Rosmaniah Paparkan Konsep Tuntunan Keluarga Sakinah

Prof Hj Rosmaniah Paparkan Konsep Tuntunan Keluarga Sakinah

UIN Online -  Ada tujuh konsep pembinaan keluarga sakinah yang merupakan seperangkat tuntunan yang dilaksanakan oleh keluarga berdasarkan norma-norma Al-Quran dan Sunnah yang disampaikan Prof Dr Hj Rosmaniah Hamid pada pidato pengukuhannya yang digelar hari ini di gedung auditorium kampus II Samata Gowa, Kamis (26/05/2011).

"Konsep keluarga sakinah merupakan seperangkat tuntunan yang dilaksanakan oleh suatu keluarga berdasarkan norma-norma Al Quran dan sunnah, adapun tuntuna tersebut meliputi, pemilihan jodoh, kewajiban suami terhadap istri, kewajiban istri terhadap suami, kewajiban orang tua terhadap anak, pembinaan keagamaan pada oaring tua dan pembina keagamaan pada anak dan menciptakan suasana rumah Islam," papar Prof Dr Hj Rosmaniah.

"Berdasarkan hadis yang dikemukakan sebelumnya, data penelitian menunjukkan bahwa unsur  yang paling dipertimbangkan dalam pemilihan jodoh dikalangan keluarga warga `Aisyiyah kota Makassar adalah unsur agama (50%), unsur harta (20%), unsur keturunan (13%), unsur fisik (10%), pertimbangan hubungan keluarga (6,7%)," tambah wanita asal kabupaten Bulukumba ini.

Selain memaparkan tujuh konsep tuntunan keluarga sakinah anak kedua dari lima bersaudara ini juga memaparkan prinsip dalam pembinaan keluarga Aisyiyah.Prinsip pembinaan keluarga sakinah yang menjadi dasar tegaknya keluarga sakinah menurutnya yaitu prinsip al-adalah (keadilan), prinsip al-musawa (kesetaraan), prinsip al-tawazun (keharmonisan), prinsif al-trahum (kasih saying) dan prinsip al-tasamuh (toleransi).

Prof Dr Hj Rosmaniah Hamid merupakan alumni fakultas dakwah IAIN Alauddin Bulukumba tahun 1975/1976,kemudian melanjutkan jenjang pendidkannya hingga menyelesaikan program magisternya pada pascasarjana UIN Alauddin pada tahun 2000 dalam bidang konsentrasi Hadis dan  Sarjana Islam sementara gelar doktornya diraiah pada konsentrasi Dirasah Islamiah. (*)
 
Previous Post LP2M UIN Alauddin Makassar Sukses Dukung Program Prioritas Sulsel Melalui Pengabdian Masyarakat
Next Post GenBI Sukses Gelar The Article Writing Competition Batch 2