Gambar Prodi SPI Tingkatkan Kreativitas Mahasiswa Melalui Lomba Menulis Narasi Sejarah dan Budaya

Prodi SPI Tingkatkan Kreativitas Mahasiswa Melalui Lomba Menulis Narasi Sejarah dan Budaya

UIN Alauddin Online - Program Studi Sejarah Peradaban Islam (SPI) Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) terus berupaya meningkatkan kualitas akademik dan kreativitas mahasiswa melalui Lomba Menulis Narasi Sejarah dan Budaya. 

Diketahui, kegiatan ini bertujuan mendorong mahasiswa untuk mengeksplorasi sejarah dan budaya Indonesia melalui tulisan naratif yang informatif dan inspiratif.

Ketua Prodi SPI, Chaerul Mundzir menjelaskan bahwa kompetisi ini merupakan bagian dari program peningkatan prestasi dan apresiasi terhadap sejarah. 

“Mahasiswa diharapkan dapat menyampaikan peristiwa sejarah dan budaya secara naratif dan menarik, tanpa mengabaikan aspek faktual,” ujarnya.

Selain itu, menurutnya lomba ini menjadi kesempatan bagi mahasiswa untuk menggali dan melestarikan nilai-nilai kearifan lokal.

Lomba ini terbagi dalam dua kategori utama, yaitu narasi sejarah lokal dan nasional, dengan tema-tema yang fokus pada tokoh, peristiwa, atau budaya yang berperan penting dalam perjalanan sejarah bangsa. 

Peserta diminta untuk menulis tulisan dengan gaya narasi yang tidak hanya menceritakan fakta, tetapi juga mampu menyampaikan pesan moral dan relevansi sejarah bagi generasi saat ini.

“Saya sangat senang bisa mengikuti lomba ini, karena ini kesempatan untuk menggali sejarah dengan cara yang berbeda. Selain itu, kami juga belajar bagaimana mengemas sejarah menjadi lebih menarik bagi pembaca,” ungkap salah satu peserta lomba, Nurannisa.

Menurut, Chaerul Mundzir para pemenang akan mendapatkan penghargaan dan sertifikat sebagai bentuk penghargaan atas kontribusi mereka dalam pelestarian dan pengembangan sejarah dan budaya. 

"Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan siswa semakin termotivasi untuk memperdalam pengetahuan sejarah dan budaya, serta mengembangkan kemampuan menulis yang kreatif dan analitis," pintanya.

Previous Post FSH UIN Alauddin dan Mahkamah Agung RI Menggelar Seminar Nasional dan Desiminasi Penyempurnaan KHES
Next Post Pusat Peradaban Islam LP2M UIN Alauddin Uji Publik Pedoman Kampus Peradaban