Gambar Prodi MPI UIN Alauddin Laksanakan Tracer Study di Labuan Bajo

Prodi MPI UIN Alauddin Laksanakan Tracer Study di Labuan Bajo

UIN Alauddin Online - Jurusan Manajemen Pendidikan Islam (MPI) gelar kegiatan Tracer Study dalam rangka memperbaiki kualitas mutu Program Studi Manajemen Pendidikan Islam. Kegiatan Tracer study ini dilaksanakan oleh Ketua dan Sekretaris Jurusan, Dosen, Staf hingga mahasiswa Jurusan MPI UIN Alauddin.

Kegiatan pelacakan telah dilaksanakan secara online sejak februari 2022 dan berlanjut dengan melacak dan mendatangi langsung alumni serta stakeholder pada 3 hingga 9 September 2022 lalu yang berlokasi di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

Beberapa alumni dan stakeholder berhasil dilacak dan didapatkan datanya. Diantaranya para stakeholder dan alumni yang bekerja sebagai guru di MTsN 2 Manggarai Barat.

Tracer study terhadap alumni dan pengguna lulusan UIN Alauddin Makassar adalah pengambilan opini dari alumni dan pendapat pengguna lulusan saat mereka lulus dan bekerja.

Survei ini penting dilakukan untuk mengukur kualitas dan keterampilan lulusan Jurusan sebagai pekerja yang dibutuhkan oleh pengguna atau yang diinginkan oleh pasar kerja.

Kebutuhan Jurusan dalam melakukan survei ini dimaksudkan untuk mengetahui kesesuaian kompetensi yang disusun oleh Jurusan dengan kompetensi yang diinginkan oleh pengguna lulusan. Tracer study juga didefinisikan sebagai kesesuaian antara hasil pendidikan dengan bidang kerja.

Kegiatan Tracer Study ini telah terlaksana dengan sangat baik adapun tujuan dari terlaksananya kegiatan ini yaitu sebagai bahan evaluasi khususnya Jurusan MPI UIN Alauddin Makassar terhadap lulusan yang dihasilkannya, apakah telah memenuhi standar kompetensi sesuai dengan dunia kerja.

Selain itu juga dapat sebagai pusat informasi mengenai kompetensi yang relevan bagi dunia kerja, sehingga dapat membantu upaya perbaikan kurikulum dan sistem pembelajaran. Hal tersebut dapat menghasilkan lulusan alumni yang memiliki kualitas mutu dan keterampilan yang dibutuhkan oleh pengguna atau yang diinginkan oleh pasar kerja.

Adapun maksud dan tujuan dari pelaksanaan Tracer Study pada tingkat perguruan tinggi UIN Alauddin Makassar adalah untuk mengetahui outcome pendidikan yang dihasilkan oleh UIN Alauddin Makassar, mengetahui kontribusi UIN Alauddin Makassar terhadap kompetensi yang ada di dunia kerja, dan memetakan kompetensi yang telah dihasilkan oleh UIN Alauddin Makassar melalui lulusannya saat memasuki dunia kerja untuk keperluan pengembangan kurikulum dan sistem pembelajaran.

Previous Post Ghina Mufidah, Mahasiswa PMH UIN Makassar Raih Juara 1 Musabaqah Tilawatil Qur'an
Next Post Pimpin Apel Bulanan, WD ll FAH Ingatkan Sivitas Akademika Melek SISTER dan E-Kinerja