Gambar Penutupan Mukhayyam Arabi 2024, Mahasiswa PBA UIN Alauddin Diminta Biasakan Berbahasa Arab

Penutupan Mukhayyam Arabi 2024, Mahasiswa PBA UIN Alauddin Diminta Biasakan Berbahasa Arab

UIN Alauddin Online - Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) sukses menggelar “Mukhayyam Arabi” untuk kali ke-3 secara beruntun yang dilaksanakan di Malino, Kabupaten Gowa pada 3 hingga 6 Oktober 2024.

Pada Mukhayyam kali ini, H Abdul Rahim Lc M Pd I selaku Narsumber di hari pertama menyajikan materi terkait tips berbahasa Arab secara aktif.

Hari kedua, Dr Asmullah M Th I menyajikan motivasi belajar dan praktek bahasa Arab. Selanjutnya, Ahmad Munawwir Lc M Pd memberikan latihan menyimak bahasa dan lagu-lagu Arab pilihan.

Dr Azizul Hakim M Pd I juga memberikan transformasi pengetahuan dalam materinya terkait gaya bahasa sehari-hari. Menurutnya, penggunaan bahasa yang dikonsumsi sehari-hari harus memiliki gaya yang mampu memudahkan lawan bicara untuk menerima apa yang diungkapkan.

Lebih lanjut, Sekretaris Prodi PBA ini berharap agar bekal materi dan praktek berbahasa selama berkegiatan ini bisa berlanjut dengan menghidupkan nuansa berbahasa Arab di lingkungan kampus.

Selain penyajian materi, kegiatan ini juga diisi dengan hafalan kosakata, senam, games, penampilan drama, serta Lomba Ranking 1 yang dilaksanakan sebelum acara penutupan.

Ketua Prodi PBA, Dr Rappe M Pd I pada acara penutupan, berharap agar seluruh peserta mampu memanfaatkan kegiatan ini dalam meningkatkan kemampuan berbahasa.

Ia juga berharap agar kebiasaan yang didapatkan selama Perkampungan Bahasa Arab mampu diaktualisasikan di lingkungan Kampus dan kehidupan sehari-hari.

"Jangan takut salah, intinya biasakan berbahasa Arab. Karena semua orang yang fasih menggunakan bahasa Arab tidak langsung bisa, melainkan karena kebiasaan," tegasnya.

Previous Post Dosen Prodi Ilmu Politik UINAM Kunjungi UUM, Ungkap Fakta Menarik Islam Nusantara
Next Post Kemenag Perkuat Implementasi Transformasi Digital untuk Seluruh Satker