Gambar Dosen Prodi Ilmu Politik UINAM Kunjungi UUM, Ungkap Fakta Menarik Islam Nusantara

Dosen Prodi Ilmu Politik UINAM Kunjungi UUM, Ungkap Fakta Menarik Islam Nusantara

UIN Alauddin Online - Program Studi (Prodi) Ilmu Politik UIN Alauddin Makassar mengadakan kunjungan akademis ke Universiti Utara Malaysia (UUM). Kunjungan ini sebagai bagian dari upaya meningkatkan kolaborasi akademik antar universitas. 

Pada kesempatan ini, salah satu Dosen senior Prodi Ilmu Politik, Prof. Saleh Tajuddin berpartisipasi dalam konferensi internasional yang diadakan di kampus UUM, Kamis 3 Oktober 2024.

Prof. Saleh diundang sebagai keynote speaker dalam konferensi tersebut. Ia menyampaikan penelitiannya yang terbaru berjudul "History of the Arrival of Islam in the Archipelago". 

Dalam presentasinya, Ia mengungkapkan peradaban Islam di Nusantara telah dimulai sejak abad ke-7, jauh lebih awal dari yang selama ini diyakini, yaitu abad ke-13. Menurut Guru Besar Filsafat Politik ini yang membawa ajaran Islam ke Nusantara adalah kalangan ulama.

"Selama ini banyak yang berpendapat bahwa penyebaran agama Islam di wilayah ini dilakukan oleh para pedagang. Namun, melalui penelitian ini yang membawa ajaran Islam ke Nusantara adalah kalangan ulama," kata Prof Saleh. 

Prof Saleh berharap, temuan ini dapat memperkaya kajian sejarah dan memberikan perspektif baru bagi para akademisi dan peneliti di bidang sejarah Islam dan politik di Asia Tenggara.

Selain itu, kunjungan ini juga dihadiri oleh Sekretaris Prodi Ilmu Politik, Reskiyanti Nurdin yang turut serta dalam berbagai agenda diskusi terkait pengembangan program studi dan peluang kerjasama penelitian. 

Reskiyanti Nurdin  berharap, kegiatan ini dapat menjadi langkah awal untuk mempererat hubungan bilateral antara UIN Alauddin Makassar dan Universiti Utara Malaysia, khususnya dalam bidang pendidikan dan penelitian ilmu politik.

Previous Post HMJ Ilmu Falak UIN Alauddin Gelar Falak Space Angkatan 2022
Next Post Penutupan Mukhayyam Arabi 2024, Mahasiswa PBA UIN Alauddin Diminta Biasakan Berbahasa Arab