Gambar Pentingnya Pluralisme dalam Islam

Pentingnya Pluralisme dalam Islam

UIN Online - Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) mengadakan kajian rutin mingguan. Kajian Mingguan ini dibawakan oleh Dr Nurhidayat M Said S Ag M Ag di ruangan LT FTK Kampus II UIN, Samata, Gowa, Kamis (7/3/2011).

Tema yang diangkat dalam kajian mingguan ini menyangkut "Pluralisme Dalam Islam". Tuhan tidak mengajarkan agama itu dijalankan oleh orang lain, islam tidak dipaksakan untuk menganutnya.

Menurut Dr Nurhidayat M Said S Ag Mg, kalau kita gunakan definisi ini maka pluralisme agama mengatakan bahwa semua agama itu benar, jadi orang Kristen, Budha itu benar. Sehingga kita menisbihkan suatu keberana pada suatua agama.

"Difinisi inilah yang menimbalkan perdebatan karena menyemarataan agama. Tapi definisi yang lain mengatakan bahwa semua agama itu benar menurut penganutnya masing-masing dalam meyakini Tuhan mereka," ujar Nurhidayat yang juga Ketua Jurusan Jurnalistik.

Mahasiswa yang menghadiri kajian keislaman ini cukup antusias dengan materi yang dibawakan oleh Hidayat. Menurut salah seorang mahasiswa, Arni Halik, kajian seperti ini sangat bagus membantu mahasiswa dalam menambah wawasan mereka

"Jika ingin memperoleh suatu ilmu tidak mesti dalam perkuliahan tapi juga dalam kajian-kajian seperti ini apalagi kajian keagamaan," ujar mahasiswa Jurnalistik semester VI ini. (*)
Previous Post Andi Muhammad Syafar, Dosen UINAM Tekankan Pentingnya Literasi IT Berbasis Medsos di Tengah Gempuran
Next Post Kenalkan Perpustakaan ke Maba, Dr. Andi Ibrahim Tegaskan Gerbang Sukses Akademik Mahasiswa