Gambar Memperkuat Kerjasama Antar Institusi, BSA FAH dan BSA IAIN Pare-Pare Tandatangani MoA

Memperkuat Kerjasama Antar Institusi, BSA FAH dan BSA IAIN Pare-Pare Tandatangani MoA

UIN Alauddin Online- Prodi Bahasa dan Satra Arab (BSA) Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) UIN Alauddin Makassar  dan Prodi Bahasa dan Sastra Arab (BSA) Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare resmi menjalin kolaborasi. 

Kedua belah pihak menandatangani Perjanjian Kerjasama (MoA) dalam sebuah acara yang diadakan di ruang senat Fakultas Adab dan Humaniora UIN Alauddin Makassar pada Rabu, 22 Februari 2024.

Penandatanganan MoA ini bertujuan untuk memperkuat kerjasama antara kedua institusi dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengembangan ilmu pengetahuan, khususnya yang berkaitan dengan Bahasa dan Sastra Arab.

 Inisiatif ini diharapkan dapat membuka peluang baru bagi mahasiswa dan dosen untuk berkolaborasi dalam proyek-proyek penelitian, pengembangan kurikulum, dan kegiatan akademik lainnya yang inovatif.

Dalam sambutannya, Prof Dr H Barsihannoor M Ag, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Alauddin Makassar, mengungkapkan antusiasmenya terhadap kolaborasi ini,

"Kerjasama antara Prodi BSA UIN Alauddin Makassar dan BSA IAIN Parepare merupakan langkah strategis dalam memajukan pendidikan dan penelitian Bahasa dan Sastra Arab," ungkapnya.

Ia juga berharap dengan hadirnya kolaborasi antara kedua kampus ini dapat meningkatkan kualitas mahasiswa dan alumni,

" Kami berharap kolaborasi ini dapat meningkatkan kualitas dan kompetensi lulusan kita, sekaligus memberikan kontribusi positif bagi masyarakat luas," harapnya.

Baso Pallawagau, Ketua Program Studi Bahasa dan Sastra Arab FAH UIN Alauddin Makassar, menambahkan, 

"Ini adalah momen penting bagi kedua institusi untuk saling berbagi sumber daya dan keahlian dalam rangka memperkaya pengalaman belajar mahasiswa dan memfasilitasi penelitian serta pengabdian kepada masyarakat yang lebih luas dan mendalam," tuturnya.

Para tamu undangan dari IAIN Parepare menyambut hangat inisiatif ini, menunjukkan optimisme yang kuat terhadap hasil yang akan dicapai melalui kerjasama ini. 

Mereka berharap kolaborasi ini akan membuka jalan bagi lebih banyak proyek bersama yang dapat memperkuat kedudukan kedua institusi sebagai pusat keunggulan dalam studi Bahasa dan Sastra Arab.

Acara tersebut diakhiri dengan penandatanganan MoA oleh perwakilan kedua institusi dan pertukaran cendera mata yang simbolis, menandai dimulainya babak baru dalam hubungan antara UIN Alauddin Makassar dan IAIN Parepare. 

Kedua belah pihak berkomitmen untuk bekerja sama secara aktif dalam merancang dan melaksanakan program-program yang akan menguntungkan tidak hanya bagi mahasiswa dan dosen mereka, tetapi juga bagi komunitas akademik dan masyarakat luas pada umumny

Previous Post FTK UIN Alauddin Lakukan Update Data Mahasiswa di PD-Dikti
Next Post Kebijakan Rektor, Hanya 31 Mahasiswa FEBI UIN Makassar Diwisuda