Gambar  Mahasiswa Pendidikan Fisika UIN Workshop Pembelajaran

Mahasiswa Pendidikan Fisika UIN Workshop Pembelajaran

UIN Online - Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) di Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar menggelar workshop perangkat pembelajaran di Lecture Teathre FTK, Rabu (4/5/2011). Workshop ini wajib diikuti mahasiswa semester empat.

Pelatihan yang menghadirkan tiga pemateri ini merupakan bagian dari tugas mata kuliah telaah kurikulum fisika. Para pemateri adalah Drs Muh Yusuf Hidayat MPd dengan materi silabus pembelajaran fisika, Qadafi SSi MSi dengan materi rencana, pelaksanaan dan pembelajaran (RPP), dan Suhardiman yang membawakan materi program tahunan.

Menurut Ketua Jurusan Pendidikan Fisika UIN Alauddin, Drs Muh Yusuf Hidayat MPd, dengan adanya workshop ini bisa melatih calon guru dalam menyusun perangkat pembelajaran fisika. Kita melatih mereka untuk menjadi guru yang profesional.

"Ini juga merupakan tugas kuliah dari kurikulum fisika yang diwajibkan untuk membuat sebuah workshop sebagai awal dari pembelajaran pembuatan RPP dan silabus yang nantinya mereka akan menggunakan pada saat PPL," kata Yusuf.

"Setiap mahasiswa calon guru mampu menguasai materi perangkat pembelajaran, strategi

pembelajaran dan mahasiswa juga terampil dalam strategi evaluasi. Kita harap hal ini bisa mereka lakukan" tambahnya.

Menurut Penanggung Jawab Acara, Suhardiman, kegiatan ini kami persiapkan selama tiga hari. Setelah ini kami akan akan adakan laporan hasil data yang nanti juga bisa digunakan persiapan kenaikan akreditasi jurusan.

Peserta workshop yang dibagi atas enam kelompok sangat antusias mengikuti materi dan diskusi yang berjalan selama acara berlangsung.

Seperti halnya salah seorang mahasiswa semester empat, Syarifa Aini, kegiatan ini sangat bagus diadakan karena melalui workshop ini kita dapat mendapatkan pengetahuan awal tentang pembuatan silabus dan RPP yang nantinya kita gunakan pada saat PPL atau setelah menjadi guru. (*)
Previous Post LP2M UIN Alauddin Makassar Sukses Dukung Program Prioritas Sulsel Melalui Pengabdian Masyarakat
Next Post GenBI Sukses Gelar The Article Writing Competition Batch 2