Gambar Jurusan PMH Mampu Bersaing di Dunia Kerja

Jurusan PMH Mampu Bersaing di Dunia Kerja

UIN Online - Seorang calon mahasiswa (Camaba) sebelumnya memilih jurusan pada perguruan tinggi, hendaknya terlebih dahulu memperhatikan apakah jurusan tersebut menjanjikan atau tidak saat nanti lulus.

Nah, Jurusan Perbandingan Mazhab dan Hukum (PMH Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, sepertinya mampu menjawab tantangan tersebut.

Menurut ketua Jurusan PMH, Dra Sohra M Ag, ketika ditemui Senin (25/04), mengatakan jurusan PMH mampu bersaing di dunia kerja. Dari segi peningkatan jumlah mahasiswa tiap tahun ke tahun selalu mengalami peningkatan pesat.

"Tiap tahun output dari jurusan ini selalu saja ada yang mampu terjaring di dunia kerja. Hampir semua mahasiwa PMH yang selesai hampir tidak ada yang menganggur. Mereka selalu terjaring di dunia kerja terutama untuk menjadi Hakim," kata Sohra.

Pada tahun 2006, Sohra mencontohkan, banyak lulusan yang berhasil terjaring di Ternate, tahun 2007 terjaring di Palu atas nama Fatimah, dan tahun 2008 kemarin terjaring di Makassar atas nama Rukiyah Mustarin.

Lebih lanjut Sohra berharap kepada calon mahasiswa (Camaba) agar sebelum masuk atau memilih jurusan PMH harus tahu persis apa itu PMH. Output alumninya yang mampu bersaing.

Hanya tiap tahun biasanya di jurusan PMH kurang peminatnya dari pesantren. Padahal menurut Sohra, untuk menjadi seorang hakim mutlak ada kajian kitab.

"Saya juga heran mengapa tiap tahun mahasiswa yang  mendaftar untuk PMH kurang peminatnya dari pesantren padahal modal utama untuk menjadi seorang hakim ada kajian kitab. Itu adalah modal besar buat mereka," tambahnya.(*)
Previous Post LP2M UIN Alauddin Makassar Sukses Dukung Program Prioritas Sulsel Melalui Pengabdian Masyarakat
Next Post GenBI Sukses Gelar The Article Writing Competition Batch 2