Gambar Jelan Pemeriksaan BPK RI, Bidang AUPK UIN Makassar Rakor Pengecekan Kelengkapan Berkas

Jelan Pemeriksaan BPK RI, Bidang AUPK UIN Makassar Rakor Pengecekan Kelengkapan Berkas

UIN Alauddin Online - Bidang Administrasi Umum Perencanaan dan Keuangan (AUPK) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar mengadakan rapat koordinasi menjelang pemeriksaan BPK RI.

Rapat tersebut dipimpin langsung, Wakil Rektor Bidang AUPK UIN Alauddin Makassar, Prof Dr Wahyuddin Naro M Hum di ruang rapat lantai 3 Gedung Rektorat, Kampus II UIN, Rabu (1/3/2023).

Pertemuan tersebut digelar sehubungan dengan pelaksanaan Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Kementerian Agama Tahun 2022.

Prof Dr Wahyuddin Naro M Hum dalam sambutannya, mengatakan tujuan rapat koordinasi tersebut digelar dalam rangka pengecekan kelengkapan persiapan audit laporan keuangan oleh BPK RI. 

"Pertemuan pagi hari ini, mempersiapkan dan menyamakan persepsi, gerak dalam rangka audit pelaporan tahun anggaran 2022 yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya BPK RI," ujar Guru Besar Pendidikan Islam itu.

Menurut, Dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan itu, pertemuan ini bukan menyembunyikan sesuatu yang tidak baik tapi bagaimana gerak dan persepsi kita misalnya perapian pelaporan .

"Tetap kita mengingatkan teman teman, melaksanakan fisik dan non fisik agar pelaporan nya dirapikan," paparnya.

Prof Dr Wahyuddin Naro M Hum, meminta setiap unit menunjuk satu orang LO atau pendamping dari kalangan ASN untuk menyiapkan segala kebutuhan Auditor BPK RI.

"Melalui pertemuan ini ada orang dari kalangan ASN bukan tenaga harian disetiap unit ditunjuk bertanggung jawab penuh, atau Lo menjadi perantara penyiapan dokumen dengan audit," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Satuan Pengawas Internal UIN Alauddin Makassar, Dr Murtiadi Awaluddin mengatakan, audit pelaporan keuangan itu dilaksanakan rutin setiap tahun. 

Sehingga kata Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar ini, pemeriksaan yang dilakukan BPK RI itu jangan dianggap sebagai beban.

Dalam rapat itu dihadiri, WR Bidang AUPK, Kepala Biro AAKK sekaligus Plt Biro AUPK, PPK, Ketua dan Sekretaris SPI, Bagian Keuangan, Bagian Umum, Tim Remunerasi.

Previous Post Biro AAKK UIN Alauddin dan Disnakertrans Sulsel Teken PKS, Kolaborasi Cetak Mahasiswa Siap Kerja
Next Post Bahas Peran Kelapa Sawit Bagi Indonesia, Antarkan Ketua HMJ Ilmu Falak Raih Juara 2 Lomba Essay