Gambar HMJ Ekonomi Islam UIN Alauddin Telaah Ekonomi Konvensional dan Islam

HMJ Ekonomi Islam UIN Alauddin Telaah Ekonomi Konvensional dan Islam

UIN Alauddin Online - Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Ekonomi Islam (Ekis), Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) menggelar kajian umum dengan mengusung tema "Menelaah Perbedaan Sistem Ekonomi Islam dan Konvensional" 

Kegiatan yang digelar di Home Base HMJ Ekonomi Islam, BTN Tamarunang Indah, Blok H, No.3 ini berlangsung pada Rabu, (9/6/2021) sore lalu.

Ketua HMJ Ekonomi Islam, Khaerul Isman menjelaskan, himpunan dibawah keprmimpinannya memiliki silabus yang mengatur kajian umum, termasuk kali ini.

"Alasan mengangkat tema tersebut untuk memberikan gambaran jelas terkait jurang pemisah antara ekonomi konvensional dan islam dalam menyelesaikan problem ekonomi," katanya, Jumat (11/6/2021).

Ia memberikan kesimpulan, kedua pembahasan tersebut memiliki pendekatan yang berbeda. Ekonomi konvensional memiliki pendekatan materialistik, sedangkan ekonomi islam cenderung bersifat metafisika. 

"Namun sejauh ini menurut pemateri, ekonomi islam berkonotasi kepada "perilaku" yang memiliki nilai-nilai agama Islam itu sendiri," sambungnya menjelaskan.

Ekonomi konvensional terang dia, berorientasi pada hal-hal yang bisa ditangkap indrawi dan tidak mengakui sesuatu yang bersifat non materil.

"Makanya pendekatannya disebut materialistik. Sedangkan ekonomi islam kan berlandaskan Alquran dan Hadis dimana sumber hukum tersebut berasal dari Tuhan, makanya disebut metafisika," pungkas Khaerul Isman.

Previous Post UIN Alauddin Makassar Jalin Kerjasama dengan UKI Toraja
Next Post UIN Alauddin Tingkatkan Kerjasama dengan Australian Volunteer Program